Loading...
Loading…
Menggiurkan, Begini Hitung-hitungan Pendapatan Budidaya Kubis

Menggiurkan, Begini Hitung-hitungan Pendapatan Budidaya Kubis

Ekonomi | okezone | Senin, 24 Agustus 2020 - 12:52

JAKARTA - Kubis merupakan salah satu bahan pangan paling potensial untuk di budidaya saat ini. Pasalnya, kubis memiliki banyak sekali manfaat untuk masyarakat baik sebagai bahan sayuran ataupun juga bahan lalapan.

Seperti diketahui, banyaknya rumah makan yang memanfaatkan kubis sebagai lalapan menjadikan permintaan akan sayuran satu ini semakin tinggi dari hari ke hari, sehingga kubis merupakan sayuran yang wajib dijual oleh penjual sayuran.

Lantas bagaimana dengan asumsi usaha dari usaha budidaya kubis serda kendala dalam penanamannya? Berikut lebih lanjut seperti dilansir dari buku "19 Bisnis Tanaman Sayuran Paling Diminati Pasar" oleh Kartika Restu Susilo, Renda Diennazola, Jakarta, Senin (24/8/2020).

Kendala dari budidaya kubis secara umum seperti tingginya tingkat serangan hama dan penyakit, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan varietas unggul tahan hama dan penyakit serta lakukan teknik budidaya dengan manajemen yang baik.

Kemudian, adanya musim dan cuaca yang tidak menentu, hal ini juga dapat diatasi dengan melakukan perbaikan budidaya dengan cara mencegah serta mengendalikan hama dan penyakit.

Lalu, asumsi usahanya sebagai yakni dengan lahan yang digunakan seluas 2.000 m2 menggunakan sistem sewa Rp200.000 per bulan, lalu periode perhitungan analisis usaha dilakukan setiap empat bulan sekali, terakhir adalah panen kubis selama satu periode sebanyak 6.000 kg dengan harga jual Rp1.000/kg.

Berikut perkiraan pendapatan yang akan didapatkan, yakni dengan menjumlahkan jumlah kubis terjual 6.000 kg dikalikan dengan harga kubis Rp1.000/kg, totalnya ialah sebesar Rp6.000.000.

Original Source

Topik Menarik

{