59 Investor Siap Tanam Modal di IKN, dari Lahan Pemakaman hingga Mal

59 Investor Siap Tanam Modal di IKN, dari Lahan Pemakaman hingga Mal

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 10:09
share

JAKARTA 59 investor siap menanamkan modal di IKN Nusantara mulai dari lahan pemakaman hingga mal. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Dhony Rahajoe mengatakan kepercayaan pasar untuk melakukan investasi di IKN masih cukup baik.

Dhony mencatat sudah ada 59 perusahaan yang melayangkan surat minat investasi yang diterima oleh badan otorita. Terdiri dari perusahaan luar maupun dari dalam negeri.

"Jadi market confident masih cukup baik, dan 59 (perusahaan) yang antre itu ada sekolah, ada rumah sakit, mal, ada pemakaman ya kita lihat yang lebih baik (untuk pembangunan tahap awal)," ujar Dhony di Istana Presiden, Selasa (3/1/2022).

Dari total 59 perusahaan yang mengirimkan LOI (Letter of Intent) atau minat investasinya, terdapat 3 Perusahaan dengan nilai investasi Rp41 triliun, yang masuk tahap selanjutnya untuk memaparkan rencana pengembangan IKN.

"Rencana Rp41 triliun, ada 3 perusahaan yang sudah mendapat izin prinsip pelaksanaan, dari 59 LOI itu," sambungnya.

Adapun ketiga perusahaan tersebut terdiri dari perusahaan dalam negeri dan luar negeri, seperti Summarecon, Konsorsium Resepson Nusantara, dan korea land and housing selaku investor murni dari asing.

"Dalam antrean ada beberapa tapi belum kita umumkan kalau belum ada surat izin prinsip," pungkasnya.

Nantinya, perusahaan tersebut akan menjalin skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KBPU) yang sementara Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dari Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

"Sementara PJPK, karena kita belum penuh beroperasi, melalui Kementerian PUPR, dan kita terus monitor terus, ke depan Otorita akan menugaskan PJPK-nya di dalam Otorita sendiri," pungkasnya.

Topik Menarik