IHSG Jadi Salah Satu Indeks Terbaik di Dunia

IHSG Jadi Salah Satu Indeks Terbaik di Dunia

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 12:06
share

JAKARTA Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) disebut sebagai salah satu indeks terbaik di dunia. Pertumbuhan IHSG tahun ini berada di angka 4,23%.

Analis RHB Sekuritas Andrey Wijaya menyatakan bahwa meskipun pertumbuhannya tidak sebaik tahun lalu, namun IHSG merupakan indeks yang baik jika dibandingkan dengan indeks negara lain.

Hal ini dipengaruhi oleh perekonomian Indonesia yang bagus, jelasnya saat Market Buzz IDX Channel di Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Adapun demikian, perekonomian Indonesia yang membaik ini menurutnya ditopang oleh harga komoditas yang naik sehingga sektor komoditas berhasil menjadi penunjang IHSG.

Selain itu menurutnya IHSG di sepanjang awal tahun 2022 yakni Januari hingga Mei terhitung membaik dengan kenaikan 10%, namun setelah lebaran mulai turun sebanyak 9% karena adanya pengetatan suku bunga.

Namun pada Juni lalu IHSG kembali naik setelah pemerintah mengumumkan angka perekonomian Indonesia yang cukup bagus, ujarnya.

Namun setelah itu kembali ada penurunan di Oktober dan terakhir kali di awal Desember karena adanya sell off GOTO. Tapi sejak minggu ketiga Desember IHSG kembali sideways ke uptrend lagi.

Meskipun tipis, tambahnya.

Namun menurutnya pada semester kedua tahun depan IHSG akan membaik karena daya beli masyarakat akan membaik seiring dengan naiknya UMR sehingga konsumsi masyarakat menjadi pendorong IHSG.

Topik Menarik