Profil dan Kekayaan Larry Ellison, Anak Angkat Berharta Rp1.570 Triliun

Profil dan Kekayaan Larry Ellison, Anak Angkat Berharta Rp1.570 Triliun

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:26
share

IDXChannel Profil dan kekayaan Larry Ellison menarik untuk dibahas. Pria yang menduduki peringkat 8 sebagai orang terkaya di dunia ini ternyata dibesarkan dari orangtua angkat.

Dilansir dari majalah Forbes, Larry Ellison memiliki total harta sebesar USD100,7 B yang setara dengan Rp1.570 Triliun (Kurs 15.600). Larry Ellison merupakan pendiri Oracle Corporation.

Lalu bagaimana dengan profil dan kekayaan Larry Ellison? Simak penjelasan yang dihimpun kami dari situs Forbes.com.

Latar Belakang Keluarga

Larry Ellison dilahirkan dari sosok Ibu yang masih muda berumur 19 tahun bernama Florence Spellman. Larry Ellison dibesarkan tanpa ada campur tangan sang Ayah.

Sang Ayah bekerja sebagai pilot yang berkebangsaan Italia. Ketika berusia 9 bulan, Larry Ellison dititipkan kepada paman dan bibinya bernama Lilian Spellman dan Louis Ellison sebagai orangtua angkat.

Kehidupan Larry Ellison pada saat kecil sampai remaja terbilang cukup sederhana. Bahkan hubungan antara Larry Ellison dengan ayah angkatnya sedikit kurang membaik dikarenakan watak yang keras dari ayah angkatnya.

Pendidikan Larry Ellison

Larry Ellison sejak kecil sudah menyukai bidang matematika. Memulai sekolah dasar di Eugene Field di Chicago, melanjutkan ke jenjang SMA di Sullivan, dan pindah ke South Shore High School.

Semasa sekolah, Larry Ellison termasuk siswa yang berprestasi di atas rata-rata. Ia sangat menyukai keterkaitan lebih di bidang pelajaran teknologi.

Selain itu, Larry Ellison menyukai pelajaran olahraga, seperti bola voli.

Larry Ellison sempat mengalami kesulitan dalam melanjutkan pendidikan tingginya di Urbana Champaign akibat kesulitan biaya. Sehingga membuat Larry harus bekerja lebih awal dibanding teman-temannya.

Mendirikan Oracle

Larry Ellison terdorong untuk mendirikan bisnisnya setelah membaca teori database relasional oleh Edgar F.Codd. Tulisan tersebut mendorong Larry untuk mengembangkan teori dalam membangun bisnis berkonsep Structured Query Language (SQL) .

Pada tahun 1977, Ia mendirikan perusahaan bersama Bob Miner dan Ed Oates, bernama Software Development Laboratories (SDL), yang berganti nama menjadi Software INC pada tahun 1979.

Di tahun yang sama, Relational Software Inc merilis Oracle yang menjadi program database relasional komersil yang cukup populer. Dengan mengambil langkah mengakuisisi klien besar sekelas CIA yang merupakan Dinas Intelijen Amerika Serikat.

Seiring waktu, perusahaan terus berkembang dan menghasilkan keuntungan yang besar. Hingga pada 1982, Larry mengganti nama perusahaannya menjadi Oracle Corporation.

Profil dan Kekayaan Larry Ellison, Anak Angkat Berharta Rp1.570 Triliun. (FOTO: MNC Media)

Masalah dalam Oracle

Larry harus menggadaikan rumahnya demi memperoleh kredit bagi Oracle. Pada tahun 1990, Oracle mengalami masa-masa kesulitan dalam menjalani bisnisnya.

Kesulitan keuangan membuat Larry harus 400 karyawannya dan mengalami kerugian sebesar USD28.700.000.

Restrukturisasi menjadi pilihan untuk memperbaiki keadaan Oracle. Hingga pada tahun 1992, Oracle sudah sehat secara finansial dan terus mengalami perkembangan.

Ellison memperluas sumber penghasilannya dengan membeli saham di sejumlah perusahaan seperti, Salesforce.com, NetSuite, Bioteknologi.Inc, Quark, Astex Farmasi, Astor Beechwood Mansion, properti di Malibu California, dan masih banyak lagi. Di samping itu, Ellison dikenal dermawan dan kerap memberikan sumbangan untuk berbagai kegiatan amal.

Kehidupan Pribadi Larry Ellison

Larry Ellison pernah menikah sebanyak 4 kali, yaitu dengan Adda Quin (1967-1974), Nancy Wheeler Jenkins (1977-1978), Barbara Broothe (1983-1986), dan Melanie Craft (2003-2010).

Larry Ellison merupakan sosok yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Larry bersama dengan Davis mendonasikan USD5 juta untuk mendirikan Lawrence J. Ellison Musculoskeletal Research Center.

Pada Mei 2016, Larry Ellison mendonasikan uang sebanyak USD200 juta kepadas University of Southern California untuk mendirikan pusat kanker: Lawrence J. Ellison Institute for Transformative Medicine of USC.

Itulah penjelasan mengenai profil dan kekayaan Larry Ellison yang menarik dibahas. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda.

Topik Menarik