Inilah Keutamaan Membaca Istighfar, Lengkap dengan Dalil dan Doa

Inilah Keutamaan Membaca Istighfar, Lengkap dengan Dalil dan Doa

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 22 Desember 2022 - 18:23
share

JAKARTA, celebrities.id - Inilah keutamaan istighfar yang harus umat Islam ketahui, salah satunya menentramkan jiwa.

Membaca istighfar merupakan salah satu bentuk kepasrahan seorang muslim, sekaligus mengingat Allah ketika sedang terjadi sesuatu dalam diri, termasuk ketika jiwa merasa tidak tenang. Ternyata Alquran telah menerangkan, istighfar dapat menyembuhkan komplikasi kejiwaan manusia.

Keutamaan Membaca Istighfar

Dikutip dari buku pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, karya Dr. Nadiah Thayyarah, Allah SWT berfirman dalam Surah Ali Imran:

Wallana i fa\'al fisyatan au alam anfusahum akarullha fastagfar liunbihim, wa may yagfiru-unba illallh

Artinya: Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? (QS. Ali Imran: 135).

Selain ayat Alquran di atas, Nabi Muhammad SAW juga mengatakan bahwa dengan membaca istighfar maka Allah akan memberinya jalan keluar dari kesempitan, serta kemudahan lainnya ketika jiwa seorang muslim sedang dilanda kesakitan.

Siapa yang terbiasa beristighfar, maka Allah akan memberinya jalan keluar dari kesempitannya dan kelapangan dari kesedihannya, serta memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. (HR. Abu Dawud).

Sementara para ahli jiwa mengatakan, orang-orang yang menderita komplikasi kejiwaan biasanya diakibatkan oleh tekanan batin sejak anak-anak, atau akibat peristiwa traumatik yang mereka alami. Saat beranjak dewasa, perasaan tertekan itu semakin membesar hingga menyebabkan komplikasi kejiwaan, bahkan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Oleh karenanya, dalam ilmu psikologi modern sangat sesuai dengan hadist Nabi, yakni tentang istighfar dan faedahnya dalam menghilangkan tekanan jiwa manusia. Hal ini merupakan mukjizat nabawi di bidang ilmu kejiwaan.

Saat seseorang mengakui kesalahan dan dosanya lalu memohon ampun kepada Allah dengan sungguh-sungguh, maka perbuatannya itu akan menimbulkan ketenangan batin sehingga tidak lagi merasa bersalah dan berdosa.

Seseorang yang memiliki komplikasi kejiwaan, biasanya juga disertai dengan depresi. Oleh karena itu Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, hal tersebut berkaitan dengan persoalan keringnya keimanan dan lemahnya ketakwaan.

"Ini sumbernya adalah hati lemah yang merasa gelisah, kesedihan yang memuncak, putus asa, merasa tidak bisa menyelesaikan masalah dan jauh dari harapan, putus asa dari rahmat Allah, ujarnya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Adapun doa agar seseorang yang komplikasi kejiwaan disertai dengan depresi menjadi terasa lebih tenang, khususnya disertai dengan membaca istighfar. Berikut dua di antaranya;

Artinya; Ya Allah, Aku mengharapkan (mendapat) rahmatMu, oleh karena itu, jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dariMu). Perbaikilah seluruh urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.(HR. Abu Daud).

Selain itu yang masyhur dibaca namun sering dianggap sepele sehingga tidak total dalam berdoa, yang sebenarnya sangat bagus untuk menjaga stabilitas hati agar kuat dan kokoh dalam menghadapi permasalahan hidup.

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya: Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku.(QS. Taha: 25-28).

Topik Menarik