10 Orang Kaya Dermawan dari Asia, Sumbang Triliunan demi Kemanusiaan

10 Orang Kaya Dermawan dari Asia, Sumbang Triliunan demi Kemanusiaan

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 9 Desember 2022 - 15:59
share

JAKARTA Orang kaya nan murah hati dan dermawan ternyata tak hanya ada dalam cerita. Untuk alasan kemanusiaan dan tujuan sosial lainnya, mereka tak segan-segan menggelontorkan dana dalam jumlah fantastis dari kantong pribadinya.

Dilansir Forbes, beberapa dari dermawan kaya raya ini berasal dari Asia. Mereka menyumbangkan uang bernilai triliunan rupiah untuk bantuan kemanusiaan, perawatan kesehatan, pendidikan, pengembangan keterampilan, dan lainnya.

Berikut 10 tokoh dermawan kaya dari Asia yang dirangkum dari Forbes yang mengulas mengenai para pahlawan filantropi Asia-Pasifik 2022:

1. Gautam Adani Chairman Grup Adani yang dinobatkan sebagai orang terkaya India ini menjanjikan sumbangan 600 miliar rupee atau sekitar USD7,7 miliar, atau sekira Rp115 triliun (kurs Rp15.000 per USD) saat dia berusia 60 tahun pada bulan Juni lalu.

Uang itu akan digunakan untuk tujuan perawatan kesehatan, pendidikan, dan pengembangan keterampilan. "Pada tingkat yang sangat mendasar, program yang terkait dengan ketiga bidang ini harus dilihat secara holistik dan secara kolektif membentuk pendorong untuk membangun India yang adil dan siap menghadapi masa depan," kata Adani saat mengumumkan janjinya.

Uang tersebut akan disalurkan melalui Yayasan keluarga Adani. Yayasan Adani yang didirikan pada tahun 1996 ini setiap tahun membantu hampir 3,7 juta orang di seluruh India.

2. Shiv NadarSalah satu pendiri HCL Technologies berusia 77 tahun ini adalah miliarder dan filantropis yang diperhitungkan di antara para pendonor teratas di India. Shiv tercatat telah menyalurkan USD1,1 miliar (sekitar Rp16,5 triliun) dari kekayaannya selama beberapa dekade untuk berbagai tujuan sosial melalui Shiv Nadar Foundation.

Tahun ini dia mendonasikan 11,6 miliar rupee atau sekira USD142 juta kepada yayasan yang didirikannya pada tahun 1994 dengan tujuan menciptakan masyarakat yang adil dan berbasis prestasi dengan memberdayakan individu melalui pendidikan.

Yayasan tersebut menyatakan bahwa mereka mempraktikkan "filantropi kreatif", sebuah pendekatan yang berfokus pada dampak jangka panjang bagi generasi yang akan datang. Shiv antara lain telah membantu mendirikan lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas melalui yayasan tersebut.

3. Li Ka-Shing Selama 12 bulan terakhir, miliarder Hong Kong Li Ka-shing telah menyumbangkan lebih dari 1 miliar dolar Hong Kong atau sekitar USD128 juta (sekitar Rp1,9 triliun) untuk berbagai prakarsa di China daratan, Hong Kong, dan tempat lain di dunia melalui Yayasan Li Ka Shing.

Bantuan tersebut termasuk dana sebesar 150 juta dolar Hong Kong untuk mendanai penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Cina Hong Kong dan lebih dari 70 juta dolar Hong Kong untuk melawan Covid-19. Yayasan tersebut berupaya mengurangi tekanan pada sistem kesehatan masyarakat Hong Kong dengan mendukung rumah sakit swasta dalam merawat pasien non-Covid dan mendanai pembelian bahan pelindung untuk panti jompo dan makanan untuk orang yang kurang mampu.

Dalam beberapa tahun terakhir, donasinya juga membantu bisnis lokal yang terdampak protes politik yang melanda Hong Kong pada 2019 dan selanjutnya selama pandemi. Menurut yayasan tersebut, sejak tahun 1980 telah memberikan lebih dari 30 miliar dolar Hong Kong dalam bentuk hibah untuk prakarsa termasuk pendidikan, layanan medis dan program anti-kemiskinan, dengan sekitar 80% proyek berfokus pada China daratan dan Hong Kong.

4. Ronnie Chan dan Gerald Chan Keluarga Chan melalui Morningside Foundation menyumbangkan USD100 juta (sekitar Rp1,5 triliun) kepada Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk mendirikan MIT Morningside Academy for Design. Diluncurkan pada bulan September, lembaga itu akan mengawasi program akademik dan penelitian yang berfokus pada desain di MIT, dengan penekanan pada kolaborasi antara Sekolah Teknik dan Sekolah Arsitektur dan Perencanaan. MIT menyatakan dana tersebut akan digunakan untuk beasiswa, kursi fakultas, dan program lainnya.

"Desain adalah cara disiplin untuk mempraktikkan kreativitas, dan pendidikan desain adalah pelengkap pendidikan STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) tradisional," kata Gerald Chan, salah satu pendiri perusahaan investasi Morningside Group.

MIT adalah salah satu penerima sumbangan terbaru dari keluarga Chan untuk universitas-universitas Amerika. Pada September 2021, yayasannya mendonasikan USD175 juta ke fakultas kedokteran Universitas Massachusetts. Pada tahun 2014, yayasan menjanjikan USD350 juta kepada Universitas Harvard yang menjadi almamater Gerald.

5. Ashok Soota Taipan teknologi Ashok Soota telah menjanjikan 6 miliar rupee atau sekitar USD75 juta kepada sebuah penelitian medis yang ia dirikan pada April 2021 untuk mempelajari penuaan dan penyakit saraf.

Dia memulai SKAN - yang merupakan singkatan dari pengetahuan ilmiah untuk penuaan dan penyakit saraf - dengan pengeluaran 2 miliar rupee. Dia berencana untuk melepaskan uang itu selama 10 tahun ke depan.

Soota, yang mendapatkan kekayaannya dari saham mayoritas di perusahaan layanan perangkat lunak Happiest Minds Technologies yang berbasis di Bangalore, mengatakan SKAN sudah bekerja sama dengan Pusat Penelitian Otak di Institut Sains India untuk penelitian yang berkaitan dengan penyakit Parkinson, dan dengan Institut Nasional untuk Kesehatan Mental dan Ilmu Saraf untuk penelitian tentang stroke.

Pada Juni 2021, SKAN memberikan hibah sebesar 200 juta rupee kepada almamater Soota, Indian Institute of Technology Roorkee, untuk mendanai proyek penelitian bersama, membuat laboratorium dan mensponsori jabatan profesor dan tiga beasiswa fakultas.

6. Joon Wanavit Pendiri Hatari Electric ini pada bulan Juli lalu menyumbangkan 900 juta baht atau setara USD24 juta kepada Yayasan Ramathibodi, yang mengumpulkan dana untuk Rumah Sakit Ramathibodi dan layanan kesehatan publiknya. Dari total bantuan tersebut, 160 juta baht dialokasikan untuk sekolah perawat rumah sakit, 300 juta baht untuk pusat pembelajaran medis, dan 440 juta baht untuk gedung rumah sakit baru dan pusat inovasi medis.

Menurut sebuah laporan berita Thailand, pengusaha low profile itu dikutip mengatakan pada saat itu, Anak-anak saya memiliki karir dan uang mereka sendiri. Saya ingin menyumbangkan uang ini kembali ke pasien umum.

Joon memulai dengan bengkel kipas angin kecil sebelum beralih ke pembuatan kontrak untuk merek Jepang dan akhirnya meluncurkan merek kipas terlaris Hatari Electric. Perusahaan swasta itu membukukan pendapatan 6,3 miliar baht tahun lalu.

7. Brahmal Vasudevan dan Shanti KandiahPendiri dan CEO Creador berusia 54 tahun beserta istrinya yang juga pendiri SK Chambers berumur 53 tahun ini mendukung komunitas lokal di Malaysia dan India melalui Creador Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang mereka dirikan bersama pada tahun 2018.

Pada bulan Mei tahun ini, mereka berjanji untuk menyumbangkan 50 juta ringgit sekitar USD11 juta untuk membantu membangun rumah sakit pendidikan di kampus Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) Kampar di negara bagian Perak.

Pasangan tersebut turun tangan untuk membantu menjembatani kesenjangan pendanaan setelah mengetahui bahwa UTAR hanya mengumpulkan setengah dari jumlah yang dibutuhkan untuk membangun fasilitas nirlaba yang, setelah selesai pada tahun 2023, juga akan menyediakan perawatan kesehatan yang terjangkau.

Di bulan Mei, pasangan ini mendonasikan sekitar USD30 juta ke Imperial College London, untuk menciptakan Institut Penerbangan Berkelanjutan Brahmal Vasudevan untuk merintis teknologi guna membantu transisi industri penerbangan menuju nol polusi.

8. Michael Kim Miliarder ekuitas swasta Michael Kim menjanjikan USD10 juta pada bulan September ke Metropolitan Museum of Art di New York, di mana dia menjadi dewan pengawas sejak 2017.

Minat filantropi lainnya dari kolektor seni yang rajin ini adalah pendidikan. Yayasan Beasiswa MBK telah memberikan hibah pendidikan kepada lebih dari 175 siswa yang membutuhkan secara finansial sejak diluncurkan pada tahun 2007. Pada Agustus 2021 dia memberikan USD25,5 juta kepada pemerintah Kota Seoul untuk mendirikan perpustakaan umum baru di ibu kota Korea Selatan tersebut.

9. Hiroshi Mikitani Pendiri dan CEO Grup Rakuten ini pada bulan Februari lalu mengumumkan sumbangan 1 miliar yen atau sekira USD7,2 juta ke Ukraina untuk menangani dampak kemanusiaan dari invasi Rusia awal bulan itu.

Dalam sepucuk surat kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang dirilis pada saat yang sama, Mikitani menulis, "Ketika saya melihat perlawanan berani Anda terhadap serangan yang tidak beralasan ini...Saya berpikir tentang apa yang dapat saya lakukan untuk Ukraina di Jepang dan memutuskan untuk menyumbang."

Pada awal konflik, raksasa e-niaga dan telekomunikasi ini juga memungkinkan warga Ukraina menggunakan aplikasi perpesanan Rakuten, Viber - yang dipasang di 97% ponsel pintar di negara tersebut - untuk menelepon ke telepon rumah atau seluler mana pun secara gratis. Situs donasi online Rakuten untuk Ukraina yang dimulai pada bulan Februari juga telah mengumpulkan hampir 1,3 miliar yen dari lebih dari 70.000 kontributor untuk mendukung upaya bantuan.

10. John Lim dan Andy LimPada tahun 2008, miliarder John Lim, salah satu pendiri ARA Asset Management menugaskan putra sulungnya Andy untuk mendirikan badan filantropi yang dinamai menurut nama ayah guru sekolahnya. Yayasan Lim Hoon memberikan beasiswa kepada siswa kurang beruntung di Singapura yang tidak memenuhi syarat untuk sebagian besar dukungan keuangan berbasis nilai di negara itu.

Hingga saat ini, telah diberikan lebih dari 1.600 beasiswa dengan total sekitar 1 juta dolar Singapura kepada siswa dari sekolah dasar hingga tingkat pra-universitas. Yayasan ini merupakan donor jangka panjang untuk Universitas Manajemen Singapura, untuk mendirikan Beasiswa JLFO-LHF. Setiap tahun, sekitar 12 mahasiswa akan menerima beasiswa empat tahun senilai 40.000 dolar Singapura.

(fai)

Topik Menarik