5 Desa Paling Kaya di Indonesia, Pendapatannya Tembus Puluhan Miliar

5 Desa Paling Kaya di Indonesia, Pendapatannya Tembus Puluhan Miliar

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 09:42
share

IDXChannel Ada sederet desa paling kaya di Indonesia yang tercatat memiliki penghasilan belasan hingga puluhan miliar rupiah.

Biasanya desa identik dengan kondisi perkampungan yang tidak semakmur perkotaan. Namun, beberapa desa ini membuktikan bahwa ada juga desa yang memiliki kekayaan melimpah.

Beberapa desa di Indonesia terbukti mampu memanfaatkan potensi desanya dan berhasil meraup pendapatan fantastis. Berbagai potensi berhasil dimanfaatkan seperti pariwisata, kerajinan, hasil laut seperti ikan, dan lain sebagainya.

Lalu, apa saja desa paling kaya di Indonesia? Berdasarkan catatan IDXChannel.com, berikut beberapa daftarnya.

Deretan Desa Paling Kaya di Indonesia

Beberapa desa terkaya di Indonesia yang tercatat memiliki penghasilan miliaran rupiah antara lain sebagai berikut.

1. Desa Ponggok

Salah satu desa paling kaya di Indonesia adalah Desa Ponggok. Desa ini terletak di Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Desa ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak beberapa kurun waktu terakhir. Desa yang semula merupakan desa miskin ini saat ini telah berkembang menjadi desa terkaya di Indonesia.

Desa ini berhasil mengembangkan potensi wisata airnya yang melimpah sehingga bisa mendatangkan pendapatan yang fantastis. Sebelumnya, desa ini hanya bisa meraih pendapatan sebesar Rp80 juta per tahun. Namun, saat ini, pendapatan Desa Ponggok naik hingga 48 kali lipat menjadi Rp3,9 miliar per tahun. Tak hanya itu, Desa Ponggok juga memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang pendapatannya dikabarkan mencapai Rp14 miliar per tahun.

2. Desa Kutuh

Tak hanya Desa Ponggok di Jawa Tengah, Indonesia juga memiliki desa terkaya lainnya yang berada di Kabupaten Badung, Bali. Desa tersebut adalah Desa Kutuh. Desa ini memiliki potensi wisata alam yang luar biasa sehingga berhasil dimanfaatkan untuk kesejahteraan desanya. Tak heran jika Desa Kutuh bisa meraih pendapatan desa yang fantastis hingga mencapai Rp50 miliar per tahun.

Beberapa wisata andalan di Desa Kutuh yang kerap menjadi destinasi pelancong domestik dan luar negeri antara lain Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, Atraksi Wisata Khusus Timbis Paragliding, Atraksi Wisata Khusus Seni dan Budaya, dan lain sebagainya.

3. Desa Waturaka

Desa Waturaka merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kelimutu Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa ini berhasil mengelola dan memanfaatkan ekowisatanya dengan baik sehingga mampu meraup penghasilan melimpah ruah.

Desa Waturaka juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Desa Wisata Alam Terbaik pada 2017. Salah satu destinasi wisata alam andalan dari desa ini adalah Danau Kelimutu.

4. Desa Bendar

Desa Bendar juga masuk dalam deretan desa terkaya di Indonesia. Desa ini terletak di Kecamatan Juwana, Pati. Dengan kekayaan lautnya yang melimpah dan kemampuan penduduknya dalam mengelolanya, desa ini pun mampu meraup penghasilan melimpah.

Mayoritas penduduk desa ini adalah nelayan dengan rata-rata penghasilan mencapai Rp80-100 juta per bulan. Jika Anda berkunjung ke desa ini, Anda akan mendapati rumah-rumah penduduknya yang super mewah dengan pilar-pilar besarnya.

5. Desa Kasongan

Desa paling kaya di Indonesia berikutnya adalah Desa Kasongan. Desa ini terletak di Bantul, Yogyakarta. Desa ini bahan memiliki julukan sebagai Desa Sejuta Gerabah karena mayoritas penduduknya adalah penghasil gerabah.

Potensi kerajinan ini lah yang menjadi salah satu sumber penghasilan dari desa ini. Tak hanya banyak diminati oleh wisatawan dalam negeri, hasil karya gerabah Desa Kasongan juga kerap jadi incaran wisatawan mancanegara.

Itulah beberapa desa paling kaya di Indonesia yang memiliki pendapatan melimpah ruah. Keberhasilan desa-desa tersebut dalam memanfaatkan sumber daya alam dan manusianya membuat desa-desa ini menjadi kaya raya.

Topik Menarik