Program Lotim Berkembang Sukses, Tahun Depan Akan Sasar Pelaku UMKM

Program Lotim Berkembang Sukses, Tahun Depan Akan Sasar Pelaku UMKM

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 20:53
share

SELONG -Program Lombok Timur Berantas Rentenir Melalui Kredit tanpa Bunga (Berkembang) tahun depan akan menyasar pelaku UMKM. Setelah sebelumnya sukses menyasar peternak sapi, program yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat itu akan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku UMKM.

Wakil Bupati Lotim H Rumaksi menerangkan, di tahun terakhir kepemimpinannya, ia ingin memperioritaskan bantuan untuk pelaku UMKM. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan memberikan bantuan KUR bagi para pelaku UMKM melalui program Lotim Berkembang.

Anggaran untuk membayarkan bunga pembayaran pinjaman ke UMKM ini Rp 1 miliar, kata Rumaksi.

Untuk penyaluran pinjaman KUR, Pemkab Lotim telah menjali kerja sama dengan PT Pegadaian. Masing-masing pelaku UMKM akan mendapatkan pinjaman sebesar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.

Jumlah tersebut disesuaikan dengan besar usaha yang mereka jalani. Sementara untuk subsidi bunga ditanggung sepenuhnya Pemkab Lotim. Penyalurannya juga melalui pegadaian, jelasnya.

Para UMKM yang akan disasar oleh program ini cukup mengembalikan modal yang telah diberikan sampai batas waktu yang telah ditentukan. Sedangkan untuk pembayaran bunga sepenuhnya ditanggung oleh Pemkab Lotim. Seperti halnya program Berkembang dengan sasaran peternak sapi.

Selain itu, program Lotim Berkembang untuk peternak sapi juga dilanjutkan di tahun depan. Jika pembayaran bunga pembayaran pinjaman UMKM Rp 1 miliar, kata Rumaksi, total untuk subsidi bunga peternak sapi Rp 6 miliar.

Untuk peternak sapi, Rumaksi mengatakan, besaran pinjaman yang didapatkan peternak Rp 20 juta. Sementara peternak sapi yang telah lebih dulu menjadi sasaran program dan telah menyelesaikan pembayaran pinjaman pokoknya dapat tetap mendapatkan bantuan pinjaman KUR dengan besaran Rp 15 juta.

Kata Rumaksi, salah satu tujuan dari program Lotim Berkembang adalah masyarakat bisa mandiri tanpa bantuan pemerintah. Sudah banyak peternak sapi yang telah tersentuh program ini telah beralih menjadi mandiri. Kalau sudah mandiri berarti sudah mapan, jelas Rumaksi. (tih/r5)

Topik Menarik