Meningkat Pesat, 148 Ribu Atlet dan Pelaku Olahraga Telah Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

Meningkat Pesat, 148 Ribu Atlet dan Pelaku Olahraga Telah Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 15:47
share

JAKARTA Atlet dan pelaku olahraga di Indonesia memiliki nasib yang jauh lebih baik saat ini. Terbaru, BPJS Ketenagakerjaan mengklaim sudah ada 148 ribu atlet dan pelaku olahraga yang terlindungi dalam program jaminan sosial.

Informasi tersebut disampaikan oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Bidang KSI, Muhyidin Mukim, dalam Talkshow bersama Iluni Fakultas Hukum UI. Talkshow tersebut mengambil tema Jaminan Perlindungan Atlet Demi Kesinambungan Prestasi dan Industri Olahraga Nasional.

Talkshow tersebut digelar di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Rabu (7/12/2022). Diskusi tersebut secara khusus membahas mengenai jaminan sosial perlindungan atlet dan pelaku olahraga Tanah Air.

Terkait perlindungan di bidang keolahragaan lumayan bagus. Di awal tahun 2022, baru 64 ribu atlet dan pelaku olahraga yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini, sudah 148.446 atlet dan pelaku olahraga yang terlindungi, ujar Muhyidin Mukim.

Dari sepak bola, ada 2 persen (dari jumlah tersebut) sudah terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan, sambungnya kemudian.

Secara total, ada 2.965 atlet dan pelaku sepak bola yang telah terlindungi jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Adapun rinciannya adalah 819 orang berasal dari Liga 1, 162 orang dari Liga 2, dan sisanya berasal dari sumber lainnya.

Para atlet yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan berhak atas sejumlah jaminan sosial. Perlindungan yang diberikan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Informasi tersebut tentu merupakan kabar baik bagi dunia olahraga Tanah Air. Ke depannya, jumlah atlet yang terlindungi berpotensi meningkat lebih jauh lagi seiring dengan kesadaran pelaku olahraga terhadap jaminan sosial.

Keseriusan pemerintah dalam mendorong pelaku olahraga terlindungi dalam jaminan sosial nasional juga tercermin di Pasal 100 Undang-Undang No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Kita tentu berharap nasib para atlet semakin terjamin dengan keikutsertaan mereka di BPJS Ketenagakerjaan.

Topik Menarik