BLT UMKM Cair di Desember 2022, Pelaku Usaha Dapat Rp600.000

BLT UMKM Cair di Desember 2022, Pelaku Usaha Dapat Rp600.000

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 07:20
share

JAKARTA Pencairan BLT UMKM 2022 kembali disalurkan. BLT UMKM merupakan perintah pemerintah pusat kepada pemerintah daerah bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM terdampak kenaikan harga BBM.

Selain pelaku UMKM, bantuan ini juga bisa diterima ojek dan nelayan. Adapun penyaluran BLT ini sudah dimulai sejak Oktober 2022 lalu melalui Pemda.

Sejauh ini, BLT dari pemerintah telah memberikan manfaat, baik itu untuk pelaku UMKM maupun masyarakat pada umumnya.

Dari segi pelaku UMKM, bantuan tersebut bisa membuat usaha mereka tetap bertahan selama masa pandemi dan resesi. Selain itu juga sebagai modal tambahan untuk UMKM melakukan peningkatan di sejumlah sektor.

Berikut adalah syarat penerima BLT UMKM yang dirangkum Okezone:

1. Anda merupakan WNI yang telah memiliki KTP

2. Memiliki usaha yang dibuktikan dengan surat Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) beserta lampirannya.

3. Bukan merupakan ASN, pegawai BUMN/BUMD, atau anggota TNI/Polri.

4. Pastikan kalau Anda juga sedang tidak menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari koperasi.

Sementara itu, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM menyalurkan BLT sebagai dampak kenaikan bahan bakar minyak untuk pelaku usaha mikro dan ultra mikro di kota tersebut yang diharapkan dapat menjadi tambahan modal usaha.

Bantuan diberikan untuk tiga bulan sekaligus dari Oktober hingga Desember. Harapannya tidak untuk konsumsi rumah tangga tetapi bisa dimanfaatkan menambah modal usaha, kata Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto seperti dilansir Antara.

Pemerintah Kota Yogyakarta mengalokasikan bantuan sebesar Rp200.000 per bulan sehingga setiap pelaku usaha mikro akan memperoleh total bantuan Rp600.000.

Menurut Tri Karyadi, pelaku usaha mikro dan ultra mikro yang menerima bantuan dipastikan warga Kota Yogyakarta dan belum menerima bantuan sosial dalam bentuk apapun baik BLT BBM, program keluarga harapan, bantuan sembako maupun bantuan sosial lainnya.

Pada awalnya, penerima BLT BBM untuk UKM berjumlah 501 pelaku usaha yang menjadi bagian dari hasil pendataan UKM yang telah dilakukan sebelumnya yaitu sebanyak 7.500 pelaku usaha.

Namun, setelah dilakukan pencermatan diketahui terdapat tiga pelaku usaha yang sudah menerima bantuan sosial lain sehingga nama mereka pun dicoret.

Kami kemudian mengajukan alokasi untuk 498 penerima. Namun, ternyata ada dua penerima lagi yang juga sudah menerima bantuan sosial sehingga namanya harus dicoret. Jadi, total penerima BLT BBM UKM sebanyak 496 pelaku usaha, katanya.

Topik Menarik