Loading...
Loading…
Begini Atur Cahaya Ruang Kantor agar Monitor Tak Silau

Begini Atur Cahaya Ruang Kantor agar Monitor Tak Silau

Ekonomi | okezone | Jumat, 14 Agustus 2020 - 12:13

JAKARTA - Pencahayaan merupakan faktor terpenting dalam setiap ruangan. Apalagi, pencahayaan terhadap lingkungan kerja yang di dalamnya menggunakan layar monitor juga perlu diperhatikan.

Bila hal tersebut diabaikan, tentunya akan mempengaruhi terhadap kesehatan dan produktivitas para karyawan. Untuk itu, diperlukan beberapa hal dalam mendesain sistem pencahayaan pada area sekitar layar monitor.

Seperti yang dikutip dalam buku Manajemen Kantor karya Armida, Jakarta, Jumat (14/8/2020), berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain sistem pencahayaan area sekitar layar monitor:

1. Mengurangi silau cahaya dengan mengurangi jumlah cahaya lampu atau cahaya alami yang mengenai layar monitor.

2. Menggunakan layar monitor yang dapat diubar posisinya. Sehingga, bila cahaya yang mengenai layar monitor dianggap terlalu berlebihan dan mengakibatkan silau, pegawai akan menyesuaikan dengan menggeser layar monitor.

3. Menyesuaikan tingkat kontras dan terang pada layar monitor untuk meminimalkan silau cahaya.

4. Menggunakan layar untuk mengurangi jumlah cahaya pada layar monitor meminimalkan jumlah cahaya langsung yang mengarah ke bawah dan memaksimalkan jumlah cahaya tidak langsung pada area komputer.

5. Menggunakan layar datar (LCD), ketimbang menggunakan layar cembung.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{