Supervisi Lembaga Praktikum Komunitas, Wadir Poltekesos Bandung : Semoga Ada Dampak Signifikan

Supervisi Lembaga Praktikum Komunitas, Wadir Poltekesos Bandung : Semoga Ada Dampak Signifikan

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 17:58
share

GARUT, iNewsGarut.id Praktikum Komunitas yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung di 11 desa yang berada di wilayah Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, beberapa hari lagi akan selesai.

Sebagai bahan evaluasi atas kegiatan kurang lebih selama 40 hari ini, maka digelar kegiatan Supervisi Lembaga Praktikum Komunitas yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Cisurupan, Senin (5/12/2022).

Wakil Direktur (Wadir) I Bidang Akademik Poltekesos Bandung, Nelson Aritonang, menyampaikan bahwa kegiatan hari ini dalam rangka mengevaluasi sejauh manakah kegiatan-kegiatan mahasiswa hampir selama 40 hari saat mereka di lapangan.

Terutama dari mulai mereka bekerja, inisiasi sosial, sampai melakukan perencanaan, juga sampai melakukan intervensi, atau kita sebut kegiatan lapangan mereka terhadap apa yang mereka dapatkan mereka di lapangan di masing-masing desa itu sendiri. Jadi memang ada 11 desa kan kegiatan kita itu, dan kegiatannya tentu terkait dengan program-program perlindungan dan pemberdayaan sosial, paparnya saat diwawancarai iNewsGarut.id seusai kegiatan.

Menurut hasil kegiatan yang telah dilakukan mahasiswa di lapangan, lanjut Nelson, hal-hal yang ditemukan pertama adalah masalah lingkungan, salah satunya yaitu isu pengelolaan sampah.

Kemudian ada juga masalah kesehatan, masalah stunting, mereka bersama petugas-petugas berupaya bagaimana mengatasi ke depan isu stunting ini bisa selesai. Kemudian juga isu-isu masalah sosial, tadi tentang isu tentang disabilitas, masalah kemiskinan, tadi terkait bagaimana upaya program-program untuk penuntasan kemiskinan, tutur Nelson.

Lanjut dikatakan Nelson, kebetulan untuk Program Studi Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial ini pertama kali untuk Praktikum Komunitas. Memang pihaknya mengupayakan agar mahasiswa ketika berkegiatan di masyarakat paling tidak memiliki pengalaman.

Adapun bagaimana masyarakat juga memiliki dampak agar bisa bekerja dengan para mahasiswa terhadap masalah-masalah sosial terutama yang mereka identifikasi bersama.

Mudah-mudahan nanti ketika hasil ini bisa ke depannya rekomendasi tindaklanjut, supaya nanti kegiatan-kegiatan ini yang memang perlu ditindaklanjuti bisa ditindaklanjut. Walaupun waktunya singkat, tapi mudah-mudahan mempunyai dampak yang signifikan ke depannya bagi masyarakat, harapnya.

Sementara itu, Camat Cisurupan, Odik Sodikin, dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih dan mengapresiasi sekali atas kegiatan yang telah dilaksanakan Mahasiswa Poltekesos Bandung ini.

Kami atas nama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), kepala desa, pendamping lapangan, dan warga masyarakat Kecamatan Cisurupan, yang pertama mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi terhadap kegiatan Praktikum Komunitas yang telah dilakukan Mahasiswa Poltekesos Bandung, ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila banyak keterbatasan, kemampuan, dan juga keilmuan yang dimiliki warga masyarakat Kecamatan Cisurupan.

Topik Menarik