Elektabilitas Naik, Erick Thohir Makin Melejit Karena Kinerjanya?

Elektabilitas Naik, Erick Thohir Makin Melejit Karena Kinerjanya?

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 21:45
share

Pengamat Politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Leo Agustino menyebut bahwa Menteri BUMN Erick Thohir elektabilitasnya naik karena dipengaruhi oleh faktor kinerja yang baik, sebanyaksembilan persen pada akhir 2022.

"Meningkatnya elektabilitas Menteri Erick Thohir karena publik mengapresiasi kinerja yang sudah ia lakukan selama ini," kata Pengamat Politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Leo Agustino melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/12/2022).

Ia mengatakan demikian menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menempatkan Erick Thohir masuk empat besar calon wakil presiden (cawapres) bersama sejumlah nama-nama lainnya. Disurvei itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih yang tertinggi dengan perolehan 19,7 persen.

Menurutnya, kinerja Erick sebagai menteri maupun kinerja di luar tugas turut memengaruhi elektabilitas.

"Erick dinilai publik sebagai salah satu pembantu Presiden Jokowi yang mampu, kompeten dan cakap dalam mengemban tanggung jawab yang diberikan kepadanya," ucap dia.

Lebih lanjut, Erick mampu mengerjakan tugas tambahan yang diberikan kepala negara. Dimana saat Covid-19 melanda, Erick mengemban tugas tambahan dari Presiden Jokowi yaitu turut mendukung penanganan pandemi.

Selain itu, menteri BUMN ke-9 tersebut juga dinilai sukses menyelenggarakan Presidensi G20. Bahkan, saat ini ia dipercaya Presiden Jokowi sebagai ketua pelaksana pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

"Prestasi Erick dalam bekerja yang menjadikan BUMN sebagai perusahaan profesional tercermin dalam elektabilitas hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia," paparnya.

Peningkatan elektabilitas Erick selama tahun 2022 juga terbilang konsisten dan tidak berfluktuasi seperti kandidat cawapres lainnya.

"Kenaikan elektabilitas Erick Thohir menunjukkan konsistensi dan keseriusannya dalam bekerja," ujarnya.

Terakhir, agar elektabilitas tersebut terus naik ia menyarankan Erick Thohir melakukan sejumlah langkah. Pertama, menunjukkan konsistensi kinerja sebagai pejabat publik.

kemudian, mengurangi permasalahan yang terjadi sebagai contoh kesalahan komunikasi yang menampilkan wajah di mesin ATM.

Topik Menarik