Meski Krisis Ekonomi, Sulsel Tumbuh Impresif

Meski Krisis Ekonomi, Sulsel Tumbuh Impresif

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 20:31
share

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Wakil Presiden RI, Ma\'ruf Amin, mengakui, ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bisa survive di tengah krisis. Menurutnya, Sulsel memiliki potensi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah Nasional dari kawasan Timur Indonesia.

"Pengalaman dari rentetan krisis ekonomi terdahulu, ekonomi Sulawesi Selatan justru tumbuh impresif. Tepat ekonomi global bergejolak, di saat pandemi pun demikian. Kinerja perekonomian Sulsel lebih baik dibandingkan rata-rata nasional, yakni tumbuh 4,65 persen pada tahun 2021," ungkap Ma\'ruf Amin, saat menghadiri Silaturahmi Sivitas Akademika UMI dan melaunching Z-Mart UMI Baznas Sulsel, di Gedung Auditorium Al Jibra Kampus 2 UMI, Makassar, kemarin, Sabtu, 3 Desember 2022.

Ia juga mengapresiasi langkah Pemprov Sulsel yang bisa meningkatkan hasil pertanian. Produksi padi di Sulsel akan mengalami kenaikan menjadi 5.341.021 ton untuk akhir 2022 ini, atau naik 250.384 ton jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Saya sudah dikasih tahu oleh Pak Gubernur bahwa tahun ini pertaniannya meningkat 250 ribu ton," ujarnya.

Wapres juga mengungkapkan alasan menguatnya ekonomi Indonesia. Pertama, pemulihan ekonomi berjalan di jalur yang tepat. Indeks manufaktur ekspansif, ekspor terus tumbuh, dan surplus neraca perdagangan terus membesar.

"Kita bersyukur, dukungan fundamental ekonomi yang kuat, serta pilihan kebijakan yang tepat, mampu membawa perekonomian Indonesia tumbuh 5,72 persen pada triwulan ketiga tahun 2022 ini," bebernya. (*)

Topik Menarik