Kura-Kura Ini Rayakan Ulang Tahun Ke-190, Jadi Hewan Darat Tertua yang Hidup di Bumi

Kura-Kura Ini Rayakan Ulang Tahun Ke-190, Jadi Hewan Darat Tertua yang Hidup di Bumi

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 19:30
share

VICTORIA, iNews.id Seekor kura-kura baru saja berulang tahun ke-190. Dia pun secara resmi tercatat sebagai hewan darat tertua yang diketahui masih hidup di planet ini.

Kura-kura bernama Jonathan itu lahir tidak lama setelah penguasa Prancis, Napoleon Bonaparte, meninggal dunia. Dia dijuluki sebagai Jonathan the Seychelles Giant Tortoise.

Dia kini merayakan ulang ulang tahunnya di St Helena, sebuah pulau di Atlantik Selatan yang terpencil. Pulau itu menjadi tempat pengasingan Napoleon setelah kalah perang, hingga sang kaisar Prancis mengembuskan napas terakhirnya di sana pada 1821.

Berdasarkan pengukuran cangkang, Jonathan diyakini ditetaskan pada 1832. Dia lalu dibawa ke St Helena dari Seychelles, 50 tahun kemudian.

Jonathan menjalani hari tuanya yang nyaman di Plantation House, kediaman resmi gubernur St Helena. Hari ulang tahunnya ditandai dengan berbagai acara sepanjang akhir pekan ini, termasuk penerbitan prangko khusus.

Hewan yang berumur hampir dua abad itu sangat menyukai wortel, selada, mentimun, apel, dan pir. Daftar makanan kesukaannya itu diungkapkan oleh petugas yang merawatnya saat diwawancarai AFP pada 2017.

Di awal tahun ini, Jonathan meraih gelar Rekor Dunia Guinness sebagai hewan darat tertua yang masih hidup di dunia. Bulan ini, dia juga dinobatkan sebagai kura-kura tertua yang pernah ada.

(Dia sudah hidup saat peristiwa) Perang Dunia, kebangkitan dan kejatuhan Kerajaan Inggris, banyaknya gubernur, raja dan ratu yang telah berlalu (meninggal dunia), itu sangat luar biasa, kata Joe Hollins, pensiunan dokter hewan yang kini merawat Jonathan.

Topik Menarik