Khawatir Terjadi Resesi Ditambah Lama Menganggur, 6 Hal Ini Harus Segera Anda Lakukan

Khawatir Terjadi Resesi Ditambah Lama Menganggur, 6 Hal Ini Harus Segera Anda Lakukan

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 2 Desember 2022 - 09:34
share

JAKARTA - Mungkin ketika pandemi COVID-19 di mana kasus mulai naik membuat karier Anda mencapai titik terendah, bahkan membuat Anda terkena PHK. Bisa dimaklumi jika Anda mengalami frustasi saat menjalani proses mencari pekerjaan dan mulai stres dengan keuangan Anda.

Mencari pekerjaan mungkin tidak mudah bahkan dalam keadaan yang normal, tapi bukan berarti Anda harus berhenti berjuang. Dengan kondisi yang mulai membaik, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips berikut ini apalagi bagi Anda yang sudah lama menganggur dan takut terkena resesi .

6 Hal yang Harus Segera Dilakukan Jika Sudah Lama Menganggur dan Khawatir Terkena Dampak Resesi

1. Kurangi Pengeluaran

Anda mungkin sudah melakukan hal ini, tapi sekarang Anda sudah harus mempertimbangkan cara serius untuk mengurangi pengeluaran dan mengatur ulang anggaran Anda. Jika Anda tinggal jauh dari rumah dan memiliki pilihan untuk sementara tinggal bersama orang tua, Anda bisa melakukannya. Hal ini karena menanggung biaya sewa dan utilitas saat menganggur sebenarnya justru tindakan yang tidak bijaksana.

2. Tetapkan Waktu Tetap untuk Mencari Pekerjaan

Jika hal pertama yang Anda lakukan saat bangun tidur adalah menyalakan laptop dan menelusuri lowongan kerja sepanjang hari, Anda harus berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Kebiasaan ini pada kenyataannya justru terbukti kontraproduktif.

Misalnya, jika Anda telah melamar sepuluh pekerjaan hari ini yang tidak terlalu Anda pedulikan, ketika Anda mendapatkan lowongan pekerjaan kesebelas yang sangat Anda inginkan mungkin Anda justru sudah sangat lelah secara mental sehingga Anda tidak dapat melanjutkannya. Jadi, sisihkan waktu tertentu setiap hari untuk mencari pekerjaan dan batasi menjadi satu atau dua jam saja.

3. Berhati-hatilah dengan Siapa Anda Terhubung

Ketika Anda menganggur untuk sementara waktu, wajar jika kepercayaan diri Anda terpukul. Dalam situasi seperti ini, berinteraksi dengan orang yang membuat Anda merasa lebih buruk justru tidak baik untuk kesehatan mental.

Tidak masalah apakah orang yang berinteraksi dengan Anda bekerja atau tidak, mereka hanya perlu menjadi orang yang tidak akan menjatuhkan Anda. Tapi, hal ini tidak berarti Anda harus berhenti berinteraksi dengan orang lain sama sekali. Anda tetap membutuhkan interaksi sosial yang sehat agar tetap seimbang.

4. Jangan Melupakan tujuan Pribadi

Pekerjaan merupakan bagian utama dari hidup Anda, tapi bukan satu-satunya bagian penting. Meskipun lebih mudah untuk kehilangan motivasi saat menganggur untuk waktu yang lama, Anda harus mengarahkan energi Anda pada tujuan pribadi Anda.

Misalnya, Anda bisa menetapkan tujuan untuk bisa lebih sehat di awal tahun seperti berolahraga setiap hari atau belajar lebih kreatif. Jangan lupakan tujuan ini karena selain bisa menghibur Anda, tujuan tersebut juga memotivasi Anda untuk terus mencari pekerjaan meski keadaan tampak suram.

5. Terbuka untuk Mencoba Sesuatu yang Baru

Bisa jadi industri tempat Anda bekerja sangat terpukul oleh pandemi, serta pariwisata atau perhotelan. Untuk sementara, Anda bisa mencoba lebih terbuka terhadap peluang karier yang lain yang mungkin merupakan perubahan dari pekerjaan Anda sebelumnya.

6. Renungkan Tapi Jangan Selalu Memikirkan Masa Lalu

Mempertimbangkan hal-hal yang Anda suka dan tidak suka di pekerjaan sebelumnya terbukti bisa membantu Anda di pekerjaan berikutnya. Anda bisa mengambil waktu tersebut untuk introspeksi sambil mencoba mencari tahu apa yang cocok untuk Anda dan kemana arah karier Anda.

Itu tadi beberapa hal yang harus Anda lakukan jika khawatir terkena dampak resesi dan telah menganggur lama.

Topik Menarik