Strakom Nusantara Prabowo Rajai Survei Dengan Simulasi 2 Capres

Strakom Nusantara Prabowo Rajai Survei Dengan Simulasi 2 Capres

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 30 November 2022 - 20:32
share

Strakom Nusantara melakukan survei dengan simulasi dua nama untuk Pilpres 2024. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merajai dengan sukses mengalahkan lima nama besar kandidat capres yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam simulasi yang dilakukan, elektabilitas Prabowo masih mendominasi. Bahkan ada yang menembus hingga 53 persen, tergantung pada sosok layan yang dihadapi.

Dalam simulasi head to head dengan Airlangga, Prabowo meraih 53,1 persen dan Airlangga 1,9 persen. Sisanya, 45 persen responden memilih tidak menjawab/tidak tahu/rahasia, ujar Direktur Eksekutif Strakom Nusantara Sutaman, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (30/11).

Kemenangan besar juga diraih Prabowo jika berhadapan dengan Puan. Prabowo sukses meraih 52,4 persen, sedangkan Puan sekitar 3,1 persen. Sisanya, 44, 5 persen responden memilih tidak menjawab/tidak tahu/rahasia. Prabowo menang dengan selisih masif bila berhadapan dengan Puan, tutur Sutaman.

Jika melawan Ridwan Kamil, Prabowo juga dominan. Prabowo meraih sebanyak 42,4 persen, sedangkan Ridwan Kamil hanya memperoleh 14,2 persen. Sisanya sebanyak 43,4 persen responden memilih tidak menjawab/tidak tahu/rahasia. Dalam simulasi, Prabowo masih menang ketika melawan Ridwan Kamil, terang Sutaman.

Namun, saat berhadapan dengan Ganjar atau Anies, Prabowo mendapat perlawanan sengit. Namun, Prabowo tetap unggul. Seperti, saat berhadapan dengan Anies, Prabowo unggul dengan memperoleh 39,1 persen. Perolehannya terpaut sekitar 11 persen dengan Anies, yang memperoleh 28,7 persen. Sisanya, sebanyak 32,3 persen memilih tidak menjawab/tidak tahu/rahasia.

Saat survei simulasi Pilpres 2024, Prabowo mendapatkan perlawanan yang cukup sengit dari Anies Baswedan, tutur Sutaman.

Saat Prabowo berhadapan dengan Ganjar, persaingan lebih sengit lagi. Selisih perolehan keduanya hanya terpaut sekitar 7 persen. Prabowo mendapatkan 38,3 persen, sedangkan Ganjar sebanyak 31,4 persen. Sisanya, 30,3 persen memilih tidak menjawab/tidak tahu/rahasia. Ganjar Pranowo memberikan perlawanan yang sangat sengit dalam survei simulasi Pilpres 2024 dengan skenario dua paslon, ungkap Sutaman.

Survei Strakom Nusantara ini dilakukan pada rentang waktu 9-16 November 2022 yang mencakup 34 provinsi dengan menggunakan metode multistage random sampling . Jumlah responden sebanyak 1.200 orang dengan confidence interval/margin of error plus minus 2,83 persen. Confidence level /tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Usia responden yang dijadikan sampel adalah 17 tahun ke atas atau sudah menikah dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka langsung dengan responden menggunakan kuesioner.

Topik Menarik