Loading...
Loading…
China Sebut Ayam Beku dari Brasil Terpapar Covid-19

China Sebut Ayam Beku dari Brasil Terpapar Covid-19

Ekonomi | inewsid | Kamis, 13 Agustus 2020 - 13:42

SHENZHEN, iNews.id - Pemerintah Kota Shenzhen meminta warga berhati-hati saat membeli makanan beku impor. Pasalnya, beberapa produk terpapar Covid-19.

Pengetesan yang dilakukan BPOM setempat menemukan permukaan sayap ayam dari Brasil terkonfirmasi positif Covid-19. Berdasarkan nomor registrasi, ayam itu berasal dari pabrik Aurora Alimentos, Santa Catarina.

Selain itu, otoritas setempat juga melakukan tes Covid-19 terhadap orang-orang yang mungkin melakukan kontak dengan produk. Hasilnya dinyatakan negatif.

Konsumen harus berhati-hati saat membeli makanan daging beku dan produk hasil laut impor, kata Pemerintah Kota Shenzhen, dilansir Bloomberg , Kamis (13/8/2020).

Sebelumnya, tiga sampel makanan laut beku impor yang positif Covid-19, di Yantai, utara Shandong. Lewat siaran televisi, produk udang beku asal Ekuador juga terpapar corona setelah dites di sebuah restoran di Wuhu, Anhui.

Sejak pertengahan Juni, China melarang sejumlah impor daging dan hewan lau dari berbagai negara, termasuk Brasil. Sementara produk yang masuk di-screening secara ketat.

Para ahli menyatakan, virus corona bisa menempel pada makanan atau bungkusnya. Namun, virus tersebut tak bisa mereproduksi atau bertahan di temperatur ruangan dalam waktu yang lama.

Kepala Mikrobiologi BPOM China, Li Fengqin mengatakan, makanan yang terpapar virus corona yang diletakkan pada cold storage bisa menjadi sumber penyebaran baru.

Original Source

Topik Menarik