Loading...
Loading…
Pekerja Dapat Bantuan Rp600.000, Serikat Pekerja: Bukan Basa-basi

Pekerja Dapat Bantuan Rp600.000, Serikat Pekerja: Bukan Basa-basi

Ekonomi | okezone | Kamis, 13 Agustus 2020 - 12:34

JAKARTA - Pemerintah akan memberikan subsidi kepada para pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta. Bantuan subsidi gaji tersebut diberikan sebesar Rp600.000 setiap bulan selama empat bulan.

Presiden Asosiasi Pekerja (Aspek) Indonesia Mirah Sumirat mengapresiasi wacana pemberian subsidi untuk para pekerja. Apalagi dana digelontorkan cukup besar Rp37 triliun untuk 15,7 juta pekerja atau buruh dengan gaji di bawah Rp5 juta.

Dirinya berharap agar bantuan ini bisa tepat sasaran. Sehingga program ini tidak hanya menjadi program basa-basi dan bisa dirasakan manfaatnya.

"Aspek Indonesia memberikan beberapa catatan penting terhadap rencana pemerintah ini, agar program BLT untuk pekerja bisa maksimal, tepat sasaran dan bukan sekedar basa-basi," ujarnya kepada Okezone , Kamis (13/8/2020).

Menurut Mirah, supaya bantuan bisa tepat sasaran, seharusnya pemerintah tidak berpatokan pada data pekerja yang ada di BPJS Ketenagakerjaan. Sebab masih banyak perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Kondisi ini masih terjadi di banyak perusahaan, antara lain di perusahaan yang mempekerjakan pekerja kontrak dan outsourcing yang melanggar Undang Undang Ketenagakerjaan," jelasnya.

Menurut Mirah, beberapa perusahaan tersebut bahkan hanya mendaftarkan sebagian karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Atau bahkan, ada juga perusahaan yang tidak melaporkan gaji pekerjaannya sesuai kenyataan.

"Modusnya, manajemen hanya mendaftarkan sebagian pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau tidak melaporkan gaji pekerja sesuai kenyataan," kata Mirah

Original Source

Topik Menarik