Kemenkeu Mengajar Berlangsung pada Lima Sekolah di Makassar untuk Peringati Hari Oeang Republik Indonesia

Kemenkeu Mengajar Berlangsung pada Lima Sekolah di Makassar untuk Peringati Hari Oeang Republik Indonesia

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 28 November 2022 - 17:31
share

SULSELSATU.com, MAKASSAR Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengadakan Kemenkeu Mengajar pada Senin (28/11/2022) di Lima Sekolah di Kota Makassar. Kemenkeu Mengajar ini diadakan untuk memperingati Hari Oeang Republik Indonesia.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar bertujuan untuk membantu siswa-siswi dalam memahami APBN, manfaat APBN, serta perananannya dalam kehidupan bermasyarakat, memahami peran, tugas dan fungsi Kementerian Keuangan. Juga memahami nilai-nilai Kemenkeu dan mempraktikkan semangat antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari.

Kemenkeu Mengajar mengusung semangat kesukarelaan, panitia tidak memungut biaya apapun pada sekolah dan pegawai yang mengikuti Kemenkeu Mengajar, serta tidak akan mendapatkan bayaran baik honor maupun uang perjalanan dinas.

Biaya yang ditimbulkan atas penyelenggaraan Kemenkeu Mengajar tidak dibebankan pada APBN, tapi murni dana urunan para relawan. Tahun ini merupakan tahun ke-7 pelaksanaan Kemenkeu Mengajar.

Lima sekolah terpilih adalah SMP Negeri 12 Makassar, Sekolah SMP Negeri 19 Makassar, Sekolah SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari, Sekolah SD Bina Citra Indonesia, dan Sekolah SD Inpres Kalangtubung 1.

Kepala Kanwil DJKN yang juga sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan Ekka Sukadana memimpin secara langsung upacara bendera di SD Kalangbutung 1. Syaiful Kepala Kanwil DJPB, Eva Arifah Aliyah Kabid KI Kanwil BC Sulbagsel, Adnan Muis Kepala KPP Madya Makassar, dan R. Soehendro Dwitomo Kepala KPP Maksel akan memimpin Kemenkeu Mengajar di SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari, SMP 12, SMP 19 dan SD Bina Citra Indonesia.

Program pengajaran dilakukan dengan metode yang menyenangkan, ringan, dan mudah dimengerti oleh anak-anak khususnya tingkat SD dan SMP. Simulasi bermain peran dilakukan untuk memudahkan materi disampaikan. Pengenalan profesi ASN pengelola keuangan negara akan menambah wawasan siswa yang dapat menjadi pilihan cita-citanya kelak, jelasnya.

Harapannya kata dia, kegiatan Kemenkeu Mengajar ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada peserta didik, mengenai dasar-dasar pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk peran yang bisa dilakukan sebagai warga negara sebagai salah satu bentuk kecintaan kepada bangsa dan negara Indonesia.

Topik Menarik