Indonesia-Tiongkok Tandatangani Komitmen Dagang Senilai Rp125,6 Triliun

Indonesia-Tiongkok Tandatangani Komitmen Dagang Senilai Rp125,6 Triliun

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 27 November 2022 - 07:20
share

Sejumlah pengusaha Indonesia dan Tiongkok menandatangani komitmen perdagangan senilai US$8,03 miliar atau sekitar Rp125,6 triliun. Ada 20 nota kesepahaman komitmen dagang yang ditandatangani 20 perusahaan dan asosiasi bisnis Indonesia bersama mitra masing-masing di Tiongkok dalam acara seremonial yang digelar secara daring dan luring dari Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, kemarin.

Penandatanganan ini merupakan wujud nyata dari komitmen yang kuat antara pelaku usaha asal Tiongkok dan Indonesia dalam menjaga dan meningkatkan hubungan dagang dan investasi di kedua negara, kata Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, yang menyaksikan penandatanganan tersebut dari Jakarta

Zulkifli menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kedutaan Besar RI di Beijing, Atase Perdagangan, dan Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) Shanghai yang telah bekerja keras dalam meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia dengan Tiongkok.

Para pengusaha di kedua negara diharapkan segera menandatangani komitmen dagang dengan nilai yang lebih besar lagi. Tiongkok merupakan mitra dagang nomor satu bagi Indonesia, baik ekspor maupun impor, kata Mendag

Ia menyebutkan nilai ekspor Indonesia ke Tiongkok pada kuartal ketiga tahun ini mencapai US$46,88 miliar atau meningkat 28,87% dibandingkan kuartal ketiga tahun lalu. Sementara impor Indonesia dari Tiongkok selama kuartal ketiga tahun ini mencapai US$50,67 miliar atau meningkat 28,33% dibandingkan kuartal ketiga tahun lalu.

Duta Besar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, menyebutkan komoditas yang diperdagangkan sesuai penandatangan kesepakatan tersebut adalah pertanian, produk pangan olahan, kosmetik, perawatan bayi, dan batu bara.

Topik Menarik