Loading...
Loading…
Ekonomi Indonesia Kuat di Mata Dunia, Pengamat Sanjung Manuver Jokowi

Ekonomi Indonesia Kuat di Mata Dunia, Pengamat Sanjung Manuver Jokowi

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Genpi | Kamis, 24 November 2022 - 13:46

GenPI.co - Pengamat ekonomi Piter Abdullah memberikan sanjungan kepada Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) yang berhasil membuat ekonomi Indonesia kuat di mata dunia.

Seperti diketahui sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei yang menyatakan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi yang disebutkan mencapai 74,2 persen.

Tingkat kepuasan tersebut tak lepas dari penilaian publik terhadap ekonomi Indonesia yang memiliki daya tahan karena peran besar Jokowi

Menurut data survei LSI, sebanyak 30,4 persen publik menyatakan Jokowi sebagai sosok yang paling bertanggung jawab sekaligus paling berjasa dalam menjaga daya tahan ekonomi rumah tangga dan nasional.

Piter Abdullah menilai tingginya kepuasan masyarakat itu tidak lepas dari keberhasilan Jokowi untuk keluar dari pandemi Covid-19 secara cepat yang berimplikasi terhadap ekonomi.

Saya kira harus diakui Indonesia termasuk yang berhasil keluar dari pandemi dengan cepat, kalau dibandingkan dengan negara-negara lain yang sampai sekarang masih terpuruk, ujar Piter dalam rilis yang diterima GenPI.co, Kamis (24/11).

Piter menjelaskan, meski di awal pandemi Covid-19 2020 ekonomi Indonesia terdampak, tapi berkat kebijakan yang tepat ekonomi Indonesia mulai berangsur menunjukkan pertumbuhan sejak 2021.

Piter yang juga Direktur Eksekutif Segara Institut itu menerangkan, kebijakan konkret dan cepat yang dikeluarkan pemerintah saat pandemi berhasil dilakukan oleh pemerintah Indonesia, yakni dengan segera melakukan vaksinasi secara masif.

Hal tersebut bertujuan agar timbul kekebalan kelompok dan berusaha secara secepat mungkin keluar dari pandemi.

Keberhasilan utama pemerintah kan karena tepat dalam mendahulukan vaksin. Indonesia termasuk salah satu negara yang paling cepat dalam hal vaksinasi, karena Pak Jokowi memerintahkan kepada semua menteri berusaha untuk memenuhi kebutuhan vaksin secara cepat, paparnya.

Meski sejumlah kalangan memprediksi akan terjadi resesi global pada 2023 mendatang, Piter melihat kondisi ekonomi Indonesia akan tetap aman dan stabil dari guncangan.

Indonesia akan menjadi salah satu negara yang pertumbuhan ekonominya positif. IMF atau World Bank juga mengatakan Indonesia akan menjadi salah satu cahaya saat kondisi ekonomi global tengah gelap, bebernya.

Walau bila nantinya terdampak, dirinya optimistis kondisi ekonomi Indonesia masih akan tumbuh potitif di sekitar angka 5 persen.

Pasti terdampak, tetapi dampaknya itu bukan menjadi ikut resesi, dampaknya itu pertumbuhan ekonomi tidak bisa melompat tinggi. Tapi paling tidak tumbuh di sekitaran 5 persen, pungkas Piter.(*)

Lihat video seru ini:

Original Source

Topik Menarik