Loading...
Loading…
Gen Z Lebih Sering Bohong Soal Kesehatannya Ketimbang Milenial dan Boomer

Gen Z Lebih Sering Bohong Soal Kesehatannya Ketimbang Milenial dan Boomer

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Indozone | Selasa, 01 November 2022 - 16:30

Sebuah studi menunjukkan bahwa masih banyak orang yang berbohong kepada dokter atau tenaga kesehatan lain soal kondisi kesehatannya.

Lebih dari 1.000 pasien atau sebanyak 77% dari mereka mengaku berbohong tentang kesehatan mereka saat berkonsultasi. Jika dilihat berdasarkan generasi, Gen Z yang sering bohong soal kesehatannya ke dokter.

Dikutip dari Healthline , 93% Gen Z mengaku berbohong kepada profesional kesehatan, terutama mengenai masalah seksual mereka.

"Gen Z sangat gugup pergi ke dokter karena takut dihakimi," kata dr. Erick Ascher, dikutip dari Healthline .

Menariknya, setiap generasi ternyata memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa mereka suka berbohong.

Milenial sendiri lebih sering berbohong tentang kebiasaan olahraga mereka kepada dokter. Sementara itu, generasi X seringkali tidak jujur soal kebiasaan mengonsumsi alkoholnya.

Kalu generasi baby boomer biasanya sering bohong soal kebiasaan makan mereka.

gen z lebih sering bohong soal kesehatannya ketimbang milenial dan boomer
Ilustrasi pasien orangtua bersama dokter. (Freepik)

Kenapa orang berbohong soal kesehatan mereka?

Beberapa orang atau mungkin termasuk kamu sendiri sering berbohong soal kondisi kesehatan sendiri. Alasannya biasanya karena merasa malu seperti yang dirasakan Gen Z , tidak bisa menerima kenyataan dan khawatir soal biaya berobat.

Bahkan, menurut peneliti banyak pasien yang perlu mengembangkan hubungan baik dengan dokter mereka sebelum mengungkapkan informasi pribadi mengenai kesehatannya.

Terkait hal tersebut, dokter juga berperan penting membangun kedekatan dengan pasien agar bisa jujur dan merasa didengarkan.

Mengutip Healthline , hanya 23% pasien benar-benar jujur dengan penyedia layanan kesehatan. Sisanya mengatakan bahwa mereka tidak selalu merasa didengarkan oleh dokter sehingga enggan terbuka soal kondisi kesehatannya.

Jadi, kamu termasuk tipe yang mana nih, pasien yang sering bohong atau terang-terangan soal kondisi kesehatanmu?

Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{
{