Loading...
Loading…
Kasus Medali Dianulir, Surat Terbuka Ketua Percasi Palopo untuk Ketua KONI Sulsel

Kasus Medali Dianulir, Surat Terbuka Ketua Percasi Palopo untuk Ketua KONI Sulsel

Powered by BuddyKu
Ekonomi | PortalMedia | Selasa, 01 November 2022 - 09:31

PORTALMEDIA.ID -- Ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel XVII 2022 di Bulukumba-Sinjai berakhir pada Minggu (30/10/2022). Namun masih menyisakan masalah bagi kontingen Parepare yang duduk di peringkat 6 klasemen perolehan medali. Meraka merasa dicurangi oleh pengurus KONI Sulsel.

Pada kompetisi cabor Catur, Wakil Ketua III KONI Sulsel, Wasir Talib menganulir 3 medali emas dan 2 perak yang telah diraih atlet catur Palopo pada Porprov Sulsel. Dengan demikian tuan rumah kontingen Bulukumba mendapat tambahan emas dan menggeser kontingen Parepare.

Hal itu pun menuai protes langsung dari Ketua KONI Palopo, Hairul Salim yang menilai hal ini dilakukan tidak memiliki dasar dan merugikan Kontingen KONI Palopo.

"Yang saya hormati Bapak Ketua Umum KONI Sulawesi Selatan semoga Bapak senantiasa sehat selalu, dan saya meyakini bahwa Bapak adalah figur hebat yang bijak dan seorang pemimpin yang mengerti artinya persaudaraan dan sportifitas di dunia olahraga, " tulis Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Palopo, Steven Hamdani dalam surat terbukanya yang ditujukan kepada Ketua KONI Sulsel Yasir Mahmud.

Berikut isi surat terbuka Percasi Kota Palapo yang ditujukan kepada Ketua KONI Sulsel, Selasa (1/11/2022):


Surat terbuka Ketua Percasi Kota Palopo untuk Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Selatan

Salam sejahtera untuk kita semua,

Yang saya hormati Bapak Ketua Umum KONI Sulawesi Selatan, semoga Bapak senantiasa sehat selalu, dan saya meyakini bahwa Bapak adalah figur hebat yang bijak dan seorang pemimpin yang mengerti artinya persaudaraan dan sportifitas di dunia olahraga.

Yang saya hormati seluruh insan olahraga yang mengedepankan sportifitas dengan kultur budaya kita SIPAKATAU, SIPAKAINGE, SIPAKALEBBI.:

1. Proses administrasi atlet kami sudah sesuai mekanisme yang ada dan dapat dibuktikan keabsahannya.

2. Pelaksanaan Porprov merupakan satu kesatuan dengan kegaiatan Pra-Porprov Cabor Catur di Kabupaten Pangkep tahun 2021.

3. Hasil verifikasi yang dilakukan Pengprov Percasi Sulsel terhadap seluruh atlet se-Sulsel telah dilakukan pada saat Pra-Porprov di Kab. Pangkep, dimana Pengprov Percasi Sulsel sudah mensahkan nama-nama atlet seluruh kabupaten kota untuk ikut serta dalam proses kegiatan tersebut.

4. Setelah proses kegiatan Pra-Porprov Cabor Catur selesai, maka terpilihlah beberapa Kabupaten Kota untuk berlaga di Porprov Catur di Kab. Bulukumba 2022.

5. Bahwa oknum Pengurus KONI Sulawesi Selatan Bapak Wasir Thalib merupakan mantan Ketua Percasi Sulawesi Selatan yang kalah dalam Musyawarah Pemilihan Ketua Percasi Sulsel yang dimenangkan oleh Bapak Dr. H. Hamka.

6. Oknum tersebut juga setelah kalah dalam pemilihan melakukan PTUN terhadap hasil pemilihan, namun tetap saja PB. Percasi mensahkan kemenangan Ketua Terpilih Bapak Dr. H. Hamka.

Pertanyaan kami selaku pengurus Percasi Kota Palopo kepada Bapak yang kami hormati adalah :

1. Apakah surat yang dikeluarkan oleh Bapak Wasir Thalib dengan menggunakan KOP Surat Resmi KONI Sulawesi Selatan atas sepengetahuan Bapak Ketua Umum dan Sekretaris Umum?

2. Apakah keabsahan surat yang dikeluarkan tanpa melibatkan unsur Sekretaris sebagai fungsi dalam urusan administrasi organisasi sudah sesuai prosedur di KONI Sulsel?

3. Mengapa proses verifikasi yang dikeluarkan oleh Bapak Wasir Thalib setelah pelaksanaan Pra-Porprov?

4. Apabila memang diduga bahwa terdapat cacat administrasi oleh beberapa Percasi Kabupaten Kota, mengapa hasil Pra-Porprov tidak dilakukan pengulangan kegiatan? Atau Tim Catur Kabupaten Kota lain sebagai pengganti Tim Catur yang dinilai tidak layak diundang untuk mengikuti Porprov Di Bulukumba sebagai gantinya?

5. Mengapa dalam pelaksanaan Porprov di Bulukumba dimulai dari Pembukaan kegiatan event besar ini di Kab. Sinjai semua telah diundang yang artinya segala proses verifikasi administrasi telah selesai antara KONI setiap Kabupaten Kota, Pengprov setiap Cabor di Sulsel, dan KONI Sulawesi Selatan?

6. Mengapa saat Teknikal Meeting Cabor Catur yang dihadiri resmi oleh Tim Delegate dari KONI Sulsel sudah ikut mensahkan?

7. Apakah ada perbedaan kewenangan antara satu oknum dengan oknum lain sesama Pengurus KONI Sulawesi Selatan dalam hal ini yang dapat membuat pelaksaan Porprov khusus di Cabor Catur menjadi polemik tak mendasar?

8. Mengapa setelah proses kegiatan Cabor Catur telah selesai, oknum tersebut mengeluarkan Surat Keputusan?

9. Apakah tidak seharusnya pelaksanaan Pra-Porprov dan Porprov Cabor Catur diulang kegiatannya karena dinilai "ada" kesalahan administrasi peserta?

10. Mengapa pelaksanaan tetap dilanjutkan dan pada hasil akhir lalu seolah-olah "dipotong" para pemenangnya?

Perlu kami sampaikan bahwa :

1. Semua atlet yang berjuang adalah atlet Bapak selaku ketua dan pengayom olahraga di Sulawesi Selatan, darimanapun asal kabupaten mereka di Sulsel.

2. Mereka melakukan pengorbanan yang tidak kecil dan merupakan kebanggaan keluarga mereka, apakah pantas diperlakukan seperti itu dengan segala jerih payah tetesan keringat dan air mata.

3. Apakah kita mau mengorbankan semangat sportifitas di olahraga karena kepentingan segelintir oknum dan kelompok tertentu.

4. Kegiatan Porprov Sinjai Bulukumba 2022 telah berlangsung dengan baik, kami berharap tidak ada noda yang ditimbulkan oleh oknum tertentu yang dapat merusak citra KONI Sulsel dan nama baik Bapak sendiri dengan segala polemik yang tidak mendasar.

5. Kami berharap Bapak mengambil keputusan yang bijak dan tegas setelah mempertimbangkan segala aspek, kami semua masyarakat olahraga Bapak yang perlu mendapat keadilan yang layak, karena kami yakin keringat dan air mata kami layak kami dapatkan di dalam pertandingan, bukan "Medali diatas Kertas".

Demikian Surat Terbuka Kami Percasi Kota Palopo, semoga Bapak Ketua Umum KONI Sulawesi Selatan bisa mempertimbangkan dengan bijak dan seksama, dan tentu menjaga Citra dan Marwah Olahraga di Sulawesi Selatan.

Terima kasih,
Salam Gens Una Sumus.

Ttd,

Ketua Percasi Kota Palopo

Original Source

Topik Menarik