Loading...
Loading…
Asyik, Kenaikan Cadev Bakal Dorong Stabilitas Rupiah

Asyik, Kenaikan Cadev Bakal Dorong Stabilitas Rupiah

Ekonomi | sindonews | Jumat, 07 Agustus 2020 - 14:44

JAKARTA - Cadangan devisa (cadev) pada bulan Juli mengalami kenaikan sebesar USD3,4 miliar menjadi USD135,1 miliar. Kenaikan cadangan devisa pada bulan Juli ini lebih tinggi dibandingkan kenaikan pada bulan juni sebesar USD1,2 miliar.

"Dengan kenaikan ini, secara year-to-date , cadangan devisa Indonesia meningkat USD5,9 miliar dibanding akhir tahun 2019," kata pengamat ekonomi Josua Pardede saat dihubungi di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Kenaikan cadangan devisa ini menurutnya cenderung disebabkan penerbitan surat berharga, baik oleh pemerintah pusat maupun Bank Indonesia (BI). Pada bulan Juli lalu, pemerintah menerbitkan global bond berdenominasi yen senilai 100 miliar yen. Sementara itu hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas berhasil menyerap USD716 juta. Penguatan cadanga devisa ini, sambung dia, juga didukung oleh net inflow dari pasar obligasi sebesar USD598 juta.

Meskipun cadangan devisa bulan Juli meningkat, namun pergerakan rupiah pada cenderung mengalami pelemahan sebesar 2,35% menjadi Rp14.600 per USD akibat tekanan permintaan rupiah pada masa pembagian dividen.

Namun, tren peningkatan cadangan devisa menurut Josua akan memberikan kepercayaan diri pada pelaku pasar, khususnya investor asing. Hal itu pada akhirnya diyakini akan mendorong stabilitas rupiah hingga akhir tahun.

Baca Juga :
Cadangan Devisa Turun untuk Bayar Utang dan Jaga Rupiah

Original Source

Topik Menarik

{