Wapres: Peran Penting Hamzah Washal dalam Pengembangan Eksyar

Wapres: Peran Penting Hamzah Washal dalam Pengembangan Eksyar

Ekonomi | infobanknews.com | Kamis, 6 Oktober 2022 - 20:26
share

Jakarta Wakil Presiden Republik Indonesia, Maruf Amin, menekankan pentingnya peran hamzah washal sebagai peran katalis bagi setiap unsur bangsa sesuai kewenangannya masing-masing guna memacu pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Salah satu wujud peranhamzah washalyang signifikan adalah melaluiakselerasi penguatanGlobal Halal Hub(GHH), serta terintegrasinya pelaku UMKM dan pemangku kepentingan lainnya dalam sebuah ekosistem halal akan mempermudah proses hilirisasi yang akan meningkatkan kualitas dan daya saing produk dan jasa halal, ucap Wapres RI dalam keterangan resminya dikutip 6 Oktober 2022.

Selain itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyambut arahan Wapres RI tersebut dengan mencanangkan tiga inisiatif baru dalam perhelatan ISEF ke-9 tahun 2022 ini sebagai upaya konkret implementasi peranhamzah washalyang dilaksanakan secara berjamaah untuk memperkuat pengembangan ekonomi keuangan syariah di Indonesia.

Inisiatif yang pertama adalah penyelenggaraanIndonesia International Modest Fashion Festival(In2MotionFest)yang diharapkan nantinya dapat menjadimodest fashionrujukan dunia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan IndonesiaFashion Chamber(IFC).

Lalu yang kedua, Gerakan Akselarasi Sertifikasi Halal melalui koordinasi yang erat antar Kementerian dan Lembaga terkait untuk mengakselarasi sertifikasi halal sesuai dengan kewenangan masing-masing institusi.

Kemudian yang ketiga,terkait dengan penguatan ekosistemGlobal Halal Hub(GHH)yang merupakan sebuah ekosistem sinergi untuk mempercepat pengembangan produk halal unggulan lokal berorientasi global.

Perhelatan ISEF ke-9 tersebut diselenggarakan mulai daritanggal 5-9 Oktober 2022 secara hibrid. Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari webinar bertaraf nasional dan internasional,business matching, showcaseinternasional, serta eksibisi.

Adapun, penyelenggaraan ISEF ke-9 merupakan kolaborasi antara Bank Indonesia dengan sejumlah lembaga dalam mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah bersama dengan seluruh anggota Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS).

Melalui perhelatan tersebut diharapkan menjadi momentum untuk semakin memperkuat upaya mengintegrasikan pemikiran dan inisiatif seluruh penggiat eksyar dalam pengembangan ekonomi keuangan syariah guna mendukung Indonesia sebagai pusat eksyar terkemuka di dunia. (*) Khoirifa

Topik Menarik