Siaran TV Digital Sifatnya Free to Air, Masyarakat Tak Perlu Bayar

Siaran TV Digital Sifatnya Free to Air, Masyarakat Tak Perlu Bayar

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 6 Oktober 2022 - 05:06
share

Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) mengatakan, siaran televisi terestrial digital bisa dinikmati masyarakat tanpa membayar alias gratis.

"Ini (siaran televisi) tetap gratis walaupun pindah ke digital," kata Sekretaris Jenderal ATVSI Gilang Iskandar, dilansir Antara, Rabu (5/10/2022).

Siaran televisi digital bersifat free to air, sama seperti siaran televisi yang biasa ditonton sehari-hari. Berbeda dengan siaran televisi kabel atau layanan video streaming seperti Disney Plus atau Netflix.

"Memakai antena, siaran ini bisa diterima antena luar atau dalam," imbuh Gilang.

Antena yang digunakan untuk menonton siaran televisi terestrial digital adalah perangkat yang sama dengan yang digunakan selama ini.

Untuk bisa menonton siaran televisi terestrial digital, masyarakat perlu menggunakan perangkat televisi digital. Jika tidak memiliki televisi digital, masyarakat bisa menggunakan set top box untuk disambungkan ke televisi analog.

Set top box menghubungkan perangkat televisi dengan antena, kemudian alat itu mengubah transmisi dari siaran digital supaya bisa ditangkap perangkat televisi analog.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik