Loading...
Loading…
Indonesia Jadi Konsumen Pasar Halal Terbesar Dunia, Kemenperin Gelar IHYA 2022

Indonesia Jadi Konsumen Pasar Halal Terbesar Dunia, Kemenperin Gelar IHYA 2022

Ekonomi | gatra.com | Jumat, 30 September 2022 - 16:36

Jakarta, Gatra.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Indonesia merupakan konsumen pasar halal terbesar di dunia.

Pengeluaran umat muslim Indonesia untuk produk dan layanan halal mencapai $184 miliar pada tahun 2020. Porsinya mencapai 11,34% dari pengeluaran halal global. Di tahun 2025 nanti juga diproyeksikan meningkat sebesar 14,96% menjadi $281,6 miliar.

Laporan Dinar Standard juga memperkirakan bahwa total pengeluaran umat muslim global pada tahun 2022 diperkirakan akan terus menguat dan tumbuh sebesar 9,1%. Pertumbuhan ini berasal dari enam sektor riil ekonomi syariah yakni sektor makanan dan minuman halal, fesyen, kosmetika, farmasi, media dan rekreasi serta travel.

"Dengan potensi pasar yang sangat besar tersebut, adalah wajar jika negara-negara lain menjadikan Indonesia sebagai target utama pasar produk halal mereka," katanya dalam acara kick off Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2022 di Jakarta, Jumat (30/9).

Agus menyebut, untuk memperkuat regulasi di bidang halal, pemerintah telah memasukkan pemberdayaan industri halal sebagai bagian dari Kebijakan Industri Nasional (KIN). Hal ini ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2022 tentang Kebijakan Industri Nasional tahun 2020-2024.

Selain itu, pemerintah bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) sedang menyusun Masterplan Pengembangan Industri Halal Indonesia (MPIHI). Diharapkan, dapat menjadi guideline bagi pengembangan dan pemberdayaan industri halal nasional demi mencapai visi Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia.

Oleh karena itu, sebagai bentuk apresiasi pemerintah pada para pemangku kepentingan industri halal, Kemenperin menggelar IHYA 2022. Penghargaan ini diberikan kepada para pemangku kepentingan yang berperan aktif dan melakukan inovasi di bidang pemberdayaan industri halal nasional.

"Kami menaruh harapan besar bahwa IHYA dapat menjadi media untuk leverage bagi image para peserta agar ke depannya dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan industri halal nasional," ucapnya.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{