Loading...
Loading…
Teten Masduki di Rakornas ICCN 2022: Kebudayaan Jadi Kekuatan Indonesia dalam Persaingan Global

Teten Masduki di Rakornas ICCN 2022: Kebudayaan Jadi Kekuatan Indonesia dalam Persaingan Global

Powered by BuddyKu
Ekonomi | KuyouID | Rabu, 28 September 2022 - 12:07

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop dan UKM), Teten Masduki sebut kebudayaan jadi kekuatan Indonesia dalam persaingan global.

Hal ini Teten Masduki sampaikan ketika menghadiriRapat Koordinasi Nasional (Rakornas)Indonesia Creative Cities Network (ICCN) 2022 pada Rabu, 28 September 2022.

Teten Masduki mengatakan bahwa Indonesia bisa menjadi pemimpin lifestyle dunia dengan mengandalkan kebudayaannya.

Tentang Rakornas ICCN 2022

ICCN menyelenggarkan Rakornas mereka di tahun 2022. Rakornas ini berlangsung selama tiga hari, yakni 27 September 2022 hingga 29 September 2022 diSMESCO, iNEWS Tower, Sarinah, Pos Bloc & M Bloc Space, Jakarta.

Rakornas ICCN ini mengusung temaJEJARING LOKAL KEREN, serta menghadirkan 225 forum lintas komunikasi kota dan kabupaten kreatif yang dibina ICCN.

Untuk semakin memeriahkan Rakornas, ICCN juga mengundang beberapa tokoh ternama untuk hadir dalam sesi diskusi serta talkshow. Mereka adalah Menteri BUMN & Dewan Kehormatan ICCN, Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Ketua Dewan Pengarah ICCN & Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama, CTO MNC Group, Yudi Hamka, Staf Khusus Presiden & Dewan Kehormatan ICCN, Putri Tanjung, Ketua Umum ICCN, Fiki Satari, serta ketua Jakarta Creative City Forum ( JCCF), Handoko Hendroyono.

Teten Masduki Sebut Kebudayaan Jadi Kekuatan Indonesia

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki hadir di hari kedua Rakornas ICCN. Ia pun menyampaikan kata sambutannya di depan para peserta yang hadir.

Teten Masduki mengatakan bahwa kebudayaan bisa menjadi kekuatan Indonesia dalam persaingan global.

"Sekarang dengan lokalitas dengan kebanggaan terhadap kebudayaan kita sendiri, justru ini akan menjadi kekuatan kita didalam persaingan kita dengan dunia global," kata Teten Masduki.

Teten Masduki juga menegaskan bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk Indonesia bisa menjadi pemimpin di semua sektor. Untuk itu, Teten menyarankan untuk menggali sumber daya lokal, serta mengembangkan kultur Indonesia yang sangat kaya.

"Jadi ini saya paling sering, paling banyak justru bicara bahwa saatnya kita leading di semua sektor, saatnya kita menggali sumber daya lokal, saatnya kita menggali mengembangkan culture kita yang sangat kaya menjadi salah satu keunggulan komparatif kita dalam persaingan global," tegas Teten.

Indonesia Bisa Mempengaruhi Lifestyle Dunia

Lebih lanjut, Teten juga berharap bahwa ICCN bisa membuat Indonesia bisa mempengaruhi lifestyle dunia.

"Sekarang di era digital, dimana nantinya lifestyle hampir sama diseluruh dunia, nah ini penting temen-temen ICCN bagaimana kita bisa punya penetrasi, mempengaruhi lifestyle dunia dengan culture kita ini," harap Teten.

Teten Masduki juga mengatakan bahwa ada dua hal yang bisa dilakukan untuk bisa membuat Indonesia menjadi pemimpin ekonomi dunia. Yakni kembangkan produk-produk berbasis kreativitas.

"Yang punya keunggulan kita ini produk-produk yang berbasis kreativitas. Karena kita punya kultur, seni budaya yang luar biasa. Ini bisa kita jadikan keunggulan kooperatif," kata Teten.

Yang kedua adalah Indonesia harus mendorong produk-produk lokal untuk masuk ke produk berbasis teknologi dan sains. Dengan kedua hal tersebut, Teten optimis Indonesia bisa menjadi empat besar kekuatan ekonomi dunia di tahun 2045 mendatang.

Baca Juga: Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo di Seminar ICCN: Ekonomi Kreatif Keunggulan Indonesia

"Disisi lain kita juga ingin dorong bahwa produk-produk lokal ini juga harus mulai masuk produk-produk yang berbasis teknologi dan sains. Kalau dua itu kita kuasai, tahun 2045 ketika kita menjadi empat kekuatan besar ekonomi dunia, setelah Amerika, China, India, kita bisa leading disitu," ucap Teten.

Original Source

Topik Menarik