Jangan Lewatkan, Lomba Ide Bisnis Kalla Institute Siapkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Jangan Lewatkan, Lomba Ide Bisnis Kalla Institute Siapkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 27 September 2022 - 16:50
share

SULSELSATU.com, MAKASSAR Kalla Institute menggelar Business Ideathon 2022 yang merupakan lomba ide bisnis. Lomba ini dibuka untuk SMA / Sederajat dengan hadiah puluhan juta serta beasiswa dari Kalla Institute.

Lomba ide bisnis Kalla Institute merupakan wadah bagi para pelajar untuk menuangkan ide bisnis yang dapat diimplementasikan dan mendorong literasi kewirausahaan.

Wakil Rektor 1 Kalla Institute Bidang kemahasiswaan, Amril Arifin mengatakan lomba ini juga mendorong perubahan mindset dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja dan penguatan ekonomi yang berdampak.

Amril Arifin mengatakan, kegiatan ini bertujuan menarik minat pelajar dan menambah wawasan dalam mengembangkan bisnis yang kreatif. Pendaftaran di buka hingga 30 Oktober 2022.

Kegiatan ini juga kami laksanakan untuk menambah wawasan pelajar dalam kewirausahaan serta ikut membantu pemerintah dalam meningkatkan rasio wirausaha khususnya di Sulawesi selatan, jelasnya, Selasa, (27/9/2022).

Persayaratan peserta yang diterima adalah siswa SMA/SMK/MA dan Sederajat kelas 11 dan 12. Peserta harus membentuk tim yang berjumlahkan minimal 3 orang dari sekolah yang sama serta didampingi oleh pihak guru atau yang ditunjuk dari sekolah masing masing.

Para peserta akan melewati beberapa rangkaian kegiatan seperti webinar, kunjungan kampus, pembekalan pitching, expo bisnis dan pitch day. Kriteria dalam penilaian meliputi argument pembuka, kreativitas, viability product, keuangan, pemahaman konsumen dan masalah serta solusi dari ide bisnis yang di presentasikan.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Inkubator Bisnis, Taufan Gunawan mengatakan, kegiatan ini akan kami sebarluaskan secara massif ke sekolah di Sulawesi selatan (Sulsel).

Kami tentunya akan berkunjung ke beberapa sekolah untuk mensosialisasikan kegiatan ini. Hal ini agar kegiatan lomba ide bisnis benar benar diikuti oleh perwakilan tiap sekolah dengan jumlah yang banyak. Dengan begitu persaingan dalam menciptakan ide yang kreatif semakin besar, ungkapnya.

Diakhir kegiatan, panitia akan menyiapkan pitch mentoring dan gala diner untuk finalis dengan menghadirkan para investor yang siap mendanai ide bisnis yang terpilih. Selain itu, Kalla Institute juga menyiapkan akses kepada para pemenang untuk memasang tenant di salah satu mall di kota makassar (Mall Ratu Indah/ Nipah Park) sebagai langkah awal dalam memasarkan bisnisnya.

Topik Menarik