Loading...
Loading…
Konversi ke Kompor Listrik Ditunda, Uji Coba Hanya di Solo dan Denpasar

Konversi ke Kompor Listrik Ditunda, Uji Coba Hanya di Solo dan Denpasar

Ekonomi | koran-jakarta.com | Sabtu, 24 September 2022 - 09:03

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk menunda program konversi kompor gas elpiji bersubsidi menjadi kompor induksi berbasis listrik secara masif di tahun ini.

Mengutip Antara TV , Jumat (23/9), baik pemerintah maupun legislator belum membahas mekanisme maupun anggaran dari program konversi tersebut.

Kendati demikian, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan Jumat(23/9), uji coba akan tetap diberlakukan di Kota Denpasar, Bali dan Kota Solo, Jawa Tengah dengan menggunakan 2.000 purwarupa kompor listrik.

Keputusan itu mengubah skema awal yang akan menguji coba di beberapa wilayah dimana PT PLN Persero berencana menyediakan 300.000 unit kompor induksi.

"Hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan. Pemerintah akan menghitung dengan cermat segala biaya dan risiko, memperhatikan kepentingan masyarakat, serta mensosialisasikan kepada masyarakat sebelum program diberlakukan," kata Airlangga dalam konferensi pers di Jakatra, Jumat (23/9).

Pemerintah menargetkan pada 2025 sebanyak 15,3 juta pelanggan LPG akan beralih ke kompor induksi. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengurangi beban penerintah atas impor LPG yang setiap tahun harganya selalu meningkat.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{