Loading...
Loading…
Terapkan GCG, Erajaya Swasembada (ERAA) Hadirkan Iklim Bekerja Profesional hingga Bertanggung Jawab

Terapkan GCG, Erajaya Swasembada (ERAA) Hadirkan Iklim Bekerja Profesional hingga Bertanggung Jawab

Powered by BuddyKu
Ekonomi | TrenAsia | Jumat, 23 September 2022 - 22:58

JAKARTA - PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) perseroan yang bergerak dibidang distribusi dan bisnis retail ponsel hingga tablet ini, turut menjalankan bisnis berkelanjutan.

Sebagai perusahaan terbuka penerapan prinsip-prinsip tata kelola menekankan prinsip Good Corporate Governance (GCG) untuk menghadirkan iklim bekerja yang profesional, akuntabel, dan bertanggung jawab.

Penerapan GCG pada jangka panjang diyakini dapat memberikan return ekonomi yang maksimal bagi perseroan. Erajaya berkomitmen selalu mejalankan kegiatan pengelolaan bisnis yang menunjukkan kepedulian terhadap pemangku kepentingan sebagai upaya terwujudnya pembangunan berkelanjutan.

Perseroan menerapkan strategi berkelanjutan dengan menerapkan pengelolaan bisnis yang berwawasan lingkungan dengan memperhitungkan dampak operasi terhadap lingkungan sekitar agar dapat menciptakan masa depan yang lebih baik dan tercapainya tujuan bisnis jangka panjang.

Dalam meningkatkan keberlanjutan bisnis, perseroan fokus pada 4 (empat) pilar utama, yaitu :

1. Aspek Pendidikan
Berfokus untuk membangun Pemerintah dalam meningkatkan kompetensi para guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bidang Bisnis dan Manajemen.
2. Aspek Kesehatan dan Misi Kemanusiaan
Implementasi atas pilar ini diwujudkan melalui kegiatan donor darah dan tanggap darurat pandemi COVID-19.
3. Aspek Lingkungan
Perseroan berfokus pada rehabilitasi lahan kritis melalui beberapa program penghijauan dengan melibatkan masyarakat sekitar lahan hingga penyelenggaraan pendidikan lingkungan.
4. Aspek Pemberdayaan Masyarakat
Memberikan akses modal dan pendampingan usaha kepada masyarakat yang berberorientasi pada peningkatan ekonomi jangka panjang.

Dalam tata kelola perseroan melakukan penerapan keuangan berkelanjutan, penerapan managemen risiko agar pencapaian akan target target operasional bisnis dapat terealisasi dengan baik demi terjaganya going concern perseroan di masa depan.

Dalam sisi lingkungan, melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup ditunjukkan melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) di bidang lingkungan hidup dengan nama program Lentera Hijau.

Melalui payung CSR ini, perseroan berharap dapat memberikan dampak jangka panjang yang positif dan berkelanjutan bagi kelestarian lingkungan hidup, yang diwujudkan melalui kegiatan penanaman pohon, pembibitan tanaman langka, program pemanfaatan limbah organik menjadi eco-enzyme, pembuatan sarana air bersih dan kelestarian lingkungan.

Pada tahun 2021, Perseroan telah merealisasikan biaya CSR sebesar Rp685,9 juta untuk menjalankan kegiatan tanggung jawab sosial di bidang lingkungan hidup.

Dari aspek sosial, perseroan berkomitmen memberikan layanan produk dan jasa yang setara kepada konsumennya. Tak hanya ke pasa konsumen, Erajaya juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan skil para pekerja dan mengelola SDM berkelanjutan.

Kesetaraan gender dan kesempatan kerja diberikan melalui tanggung jawab sosial ini. Termasuk pada usia minimal karyawan perseroan adalah 18 tahun, sedangkan jam kerja disepakati adalah 8 jam kerja per hari atau 40 jam dalam seminggu (Senin-Jumat).

Original Source

Topik Menarik

{