Polri Jalin Kerja Sama dengan Pihak Luar Negeri Buru Pelaku Hacker Bjorka

Polri Jalin Kerja Sama dengan Pihak Luar Negeri Buru Pelaku Hacker Bjorka

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 21 September 2022 - 21:24
share

GenPI.co - Polri siap menjalin kerja sama denganpihak luar negeri untuk mengungkap kasus hacker Bjorka yang diduga telah meretas beberapa situs milik pemerintah.

"Ya, tidak menutup kemungkinan (menjalin kerja sama dengan pihak lain, red). Kemungkinan juga akan bekerja sama dengan pihak-pihak luar," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Dedi menyebut, saat ini Tim khusus (Timsus) bentukan pemerintah bersama Menkopolhukam masih terus bekerja terkait penangkapan Bjorka tersebut.

Pihak kepolisian juga masih belum bisa menyampaikan kepada publik terkait sosok dibalik hacker Bjorka apakah seorang WNI atau WNA.

"Ya, komunikasi terakhir dengan Timsus bahwa tim masih bekerja karena proses pembuktiannya juga perlu pendalaman dari sisi scientific. Oleh karenanya (Timsus, red) tidak terburu-buru," jelas dia.

Kendati demikian, Dedi tak menampik akan terus memberikan informasi soal perkembangan kasus tersebut kepada awak media.

"Pendalaman kasus ini cukup panjang. Nanti, apabila sudah ada informasi, akan saya sampaikan kepada rekan-rekan," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri menetapkan pemuda di Madiun, Jawa Timur, atas nama Muhammad Agung Hiyatullah alias MAH (21) sebagai tersangka dalam kasus hacker Bjorka, yang diduga melakukan peretasan data-data milik pemerintah.

"Jadi, timsus telah melakukan beberapa upaya dan berhasil mengamankan tersangka inisial MAH," kata Juru Bicara Divhumas Polri Kombes Ade Yaya Suryana di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (16/9/2022).

Ade menyebut MAH termasuk dalam bagian Bjorka lantaran menjadi salah satu orang yang turut membantu penyebaran informasi seputar peretasan data-data pemerintah.

"Adapun peran tersangka merupakan bagian dari kelompok Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel Telegram, dengan nama channel Bjorkanism," tuturnya.(*)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Topik Menarik