Anggarkan Rp4,45 M, PUPR Bakal Bangun Hunian Pariwisata di Tanjung Lesung

Anggarkan Rp4,45 M, PUPR Bakal Bangun Hunian Pariwisata di Tanjung Lesung

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 19 September 2022 - 08:37
share

Iqbal Dwi Purnama
Anggarkan Rp4,45 M, PUPR Bakal Bangun Hunian Pariwisata di Tanjung Lesung

IDXChannel - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melaksanakan pembangunan 20 unit Sarhunta (sarana hunian pariwisata) senilai Rp2 miliar dan renovasi pada terhadap 70 unit dengan nilai Rp2,45 miliar, yang totalnya mencapai Rp4,45 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan renovasi rumah warga menjadi Sarhunta bertujuan meningkatkan kualitas rumah warga sekitar kawasan pariwisata menjadi layak huni.

Selain itu, renovasi tersebut juga sekaligus dapat dimanfaatkan untuk usaha pondok wisata dan usaha pariwisata lainnya, sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat, kata Menteri Basuki pada pernyataan tertulisnya, Senin (19/9/2022).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menerangkan Sarhunta atau homestay yang dibangun di Tanjung Kelayang ini memiliki fasilitas yang lengkap serta desain bangunan yang menonjolkan perpaduan unsur lokal. Terdapat ornamen payung yang disebut Payung Lilin Belitung sebagai ciri khasnya.

Total anggaran untuk membangun sebanyak 20 unit Sarhunta di KEK Tanjung Kelayang adalah Rp2 miliar sedangkan peningkatan kualitas rumah yang berada di koridor kampung sebanyak 70 unit senilai Rp2,45 miliar. Pembangunannya turut melibatkan masyarakat setempat, sambungnya.

Iwan menerangkan pembangunan Sarhunta ini sangat dibutuhkan bagi warga lokal guna mendukung perekonomian masyarakat setelah Belitung dijadikan sebagai KEK. Adanya penyelenggarakan kegiatan G20 Belitung juga dapat menjadikan Sarhunta sebagai alternatif penginapan bagi para undangan maupun wisatawan mancanegara.

"Kami akan terus mempromosikan Sarhunta ini melalui kerja sama dengan mitra travel perjalanan agar dunia pariwisata Indonesia khususnya di KEK Tanjung Kelayang Belitung bisa lebih berkembang, tutup iwan. (TYO)

Topik Menarik