Loading...
Loading…
Tips Kelola Keuangan saat Semua Harga Naik tapi Penghasilan Stagnan, Begini Kata Prita Ghozie

Tips Kelola Keuangan saat Semua Harga Naik tapi Penghasilan Stagnan, Begini Kata Prita Ghozie

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Celebrities | Minggu, 18 September 2022 - 12:17

JAKARTA, celebrities.id Cara mengelola keuangan di saat semua banyak harga kebutuhan pokok naik, tetapi penghasilan stagnan tentunya bermanfaat sekali untuk Celeb Hitz. Tujuannya, agar keuangan yang ada selalu sehat dan cukup dalam memenuhi segala kebutuhan.

Sebagaimana diketahui, pemerintah resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite, Pertamax dan Solar subsidi pada Sabtu, 3 September 2022 lalu. Rupanya, sedikit banyak naiknya harga BBM selalu berpengaruh terhadap kenaikan harga barang-barang di pasaran.

Salah satu masalah terbesar yang muncul dari dinaikkannya harga BBM adalah kekhawatiran akan terhambatnya pertumbuhan ekonomi. Apalagi, meski harga BBM naik, tetapi pemasukan stagnan.
Perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie memberikan sejumlah tips pertolongan pertama pada keuangan saat semua harga naik tetapi penghasilan tetap dikutip dari Instagram pribadinya, @pritaghozie, dikutip Minggu, (18/9/2022).

Tips Kelola Keuangan saat Harga Kebutuhan Naik tetapi Gaji Stagnan

1. Periksa ke mana saja penghasilan dibelanjakan

2. Cari barang pengganti yang lebih Ekonomis

Misalnya saat harga bensin naik, Anda bisa mencoba membuat carpooling atau antar-jemput untuk anak sekolah satu kompleks.

Selain itu, ada juga memilih toko yang lebih murah atau tidak bermerek untuk membantu menghemat biaya.

3. Punya anggaran dan target baru

Mengatur anggaran pengeluaran rumah tangga pasti membantu mengurangi belanja tak penting saat ini. Namun, tentunya itu perlu disertai target.

Kesalahan keuangan terutama untuk si 20an, 30an, dan 40an adalah mengurangi jajan-jajan kecil, tapi gak jelas penghematannya untuk apa.

Contohnya: mengurangi jajan online Rp50 ribu per minggu, dialihkan untuk menambah jatah bensin.

Setelah berhasil mengendalikan pengeluaran, maka next step adalah menambah pemasukkan. Jujur ini lebih sulit dijalankan daripada diucapkan, kata Prita.

Nah, itulah tips mengelola keuangan di saat harga bahan-bahan naik sementara gaji tetap segitu. Selamat mencoba dan semangat ya, Celeb Hitz.

Original Source

Topik Menarik