Loading...
Loading…
Momen Inersia: Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Penerapan di Kehidupan Sehari-hari

Momen Inersia: Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Penerapan di Kehidupan Sehari-hari

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Inews | Minggu, 18 September 2022 - 10:17

JAKARTA, iNews.id - Momen inersia merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran fisika mengenai kelembaman. Bahkan, contoh materi ini banyak sekali kita diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, lho.

Apa Itu Momen Inersia dan Contohnya?

Momen inersia adalah suatu besaran yang mengacu pada ukuran kelembaman yang terjadi ketika benda mengalami rotasi. Besar momen inersia diukur dari hasil kali dari berat massa benda (m) dan kuadrat jarak (r2) ke arah sumbu putar.

Contoh momen inersia bisa kita temui dalam kegiatan kita sehari-hari, misalnya saat menggunakan dan juga menambahkan kelembaman di dalamnya.

Apa Rumus Momen Inersia

Momen Inersia merupakan ukuran untuk ketahanan sebuah objek dalam laju rotasi

I = m x r

Keterangan:

I = Momen Inersia
m = Massa
r = Jarak
Contoh Soal Momen Inersia

  • 1. (SIMAK UI 2009)

Sebuah bola dijatuhkan dengan kecepatan awal 5 m/det pada ketinggian 10 m dari lantai. Bola dipantulkan oleh lantai dengan koefisien restitusi 0,6. Anggap percepatan gravitasi g = 10 m/s. Ketinggian maksimum yang dapat dicapai oleh bola setelah pantulan oleh lantai adalah....

a. 8,1 m
b. 6 m
c. 4,05 m
d. 3 m
e. 2,25 m

  • 2.(UM UGM 2009)

Bola A dilepaskan dari ketinggian h di atas permukaan tanah. Bersamaan dengan pelepasan bola A, benda B diberi kecepatan vertikal ke atas sebesar v dari permukaan tanah. Percepatan gravitasi g. Agar A dan B mencapai tanah pada saat yang sama, harus dipenuhi hubungan....

a. h=4.v2/g
b. h=2.v.2/3g
c. h=v 2/2g
d.h=2.v.2/g
e.h=v2/g

  • 3. (UM UNDIP 2009)

Peluru ditembakkan ke atas membentuk sudut e (tg = %4) dari suatu bangunan yang tingginya 90 m dengan kecepatan 25 m/s. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s maka jarak mendatar yang dicapai peluru ketika jatuh di tanah adalah
a. 120 m
d. 175 m
b. 135 m
c. 150 m
e. 180 m

Sebuah perahu bergerak konstan menyeberangi sebuah sungai yang lebarnya 120 m (lihat gambar). Laju perahu adalah 12 m/s diarahkan tegak lurus arah gerak aliran air menuju ke tempat tujuan. Jika kelajuan air sungai 5 m/s maka perahu sampai di seberang akan bergeser sejauh berapa meter?

-Tempat tujuan
-Arah aliran air
-Perahu

a. 80 m
b. 60 m
c. 50 m
d. 40 m
e. 30 m

Contoh Penerapan Momen Inersia di Kehidupan Sehari-hari

Momen inersia banyak sekali penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, berikut penerapan momen inersia dalam kehidupan sehari-hari:

1.Gerakan pemain es ski

Dalam bermain ski, tentunya sepatu yang digunakan memiliki gaya rotasi berputar pada sebuah poros.

2. Gasing

Gasing merupakan permainan yang mana sebuah tali dilepas pada sebuah benda yang bisa berputar pada permukaan yang datar, sehingga dalam gasing ini menggunakan momen inersia dalam permainannya.

3. Golf

Dalam bermain golf, kita menggunakan tekanan beban tubuh kita untuk mengayunkan tongkat guna memukul bola yang ada. Di sini kita memperhatikan bagaimana massa tubuh kita dan jarak yang ada untuk melakukan pukulan yang tepat.

Demikian artikel mengenai momen inersia dari pengertiannya, rumus, contoh soal, dan juga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bisa membantu tugas kalian ya!

Original Source

Topik Menarik

{