Lantik Pejabat Kemenkeu, Sri Mulyani: Apa Kontribusi Anda?

Lantik Pejabat Kemenkeu, Sri Mulyani: Apa Kontribusi Anda?

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 10 September 2022 - 15:50
share

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan arahan kepada 91 orang pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan yang telah dilantik sebanyak 85 pejabat dan dikukuhkan sebanyak 6 pejabat. Pengukuhan ini dimaksudkan karena adanya perubahan nama dan jabatan serta perubahan tugas dan fungsi.

Adapun pejabat-pejabat tersebut terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional Jenjang Ahli Utama, Pejabat Fungsional Jenjang Ahli Madya, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional Jenjang Ahli Pertama, dan Pejabat pada organisasi Non Eselon pada LPDP, LNSW, dan BPDLH.

Menkeu menyampaikan agar para pejabat yang dilantik mampu menjaga kepercayaan masyarakat yang dititipkan melalui pengelolaan APBN yang kredibel dan bertanggung jawab.

Dua setengah tahun dunia dihantam pandemi, bukan berarti Kementerian Keuangan bisa beristirahat, tapi sebaliknya, Kementerian Keuangan harus meningkatkan kemampuan untuk melindungi masyarakat dengan mendesain APBN yang mampu sebagai shock absorber.

"Tantangan yang dihadapi berubah secara cepat dan dinamis. cara kita mengelola dan

menjaga APBN menjadi sangat-sangat menantang. Kepada Anda yang dilantik hari ini saya titipkan pertanyaan dan sekaligus harapan, apakah dalam 3 tahun terakhir ini anda sudah memberikan yang terbaik? Apa kontribusi Anda? ujar Menkeu dalam keterangan tertulinsya, Sabtu (10/9/2022).

Selain itu, Menkeu juga meminta agar seluruh jajaran terus mereview cara bekerja. Selama dihadapkan pada pandemi maupun saat ini dihadapkan pada krisis pangan, energi, dan perang, banyak aktivitas yang sudah berubah.

Untuk itu, Menkeu pun berpesan pada pejabat yang mendapat pengukuhan agar terus beradaptasi dan tingkatkan kinerja karena masyarakat menitipkan bangsa ini kepada Kemenkeu untuk dijaga, dilindungi, dan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang datang bertubi-tubi.

Jabatan yang anda pikul di pundak anda adalah sebuah kepercayaan yang sangat luar biasa dari bangsa ini. Di pundak anda itu harapan masyarakat dan itu harus dijawab dan direspons tambah Menkeu.

Menkeu berpesan walaupun dihadapkan pada berbagai tantangan, namun harus direspon dengan kemampuan yang baik, tetap good governance, tetap berdasarkan tata kelola yang baik, berintegritas, profesional, transparan, dan menggunakan tata kelola yang baik.

Selain itu, Kemenkeu perlu terus meningkatkan kerja sama dan sinergi, karena tidak ada masalah yang dapat diselesaikan sendiri. Menkeu juga mengajak untuk wujudkan Kemenkeu Satu, terus saling belajar, buka wawasan, dan bekerja bersama untuk kepentingan bangsa.

Topik Menarik