Mau Caplok Dua Perusahaan, MITI Berencana Lakukan Rights Issue

Mau Caplok Dua Perusahaan, MITI Berencana Lakukan Rights Issue

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 10 September 2022 - 00:05
share

PT Mitra Investindo Tbk (MITI) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) guna memuluskan langkah mengakuisisi Pelayaran Karanan Line dan Karya Abdi Luhur (KAL).

Direktur PT Mitra Investindo Tbk,Diah Pertiwi Gandhimengungkapkan bilanpemegang saham yang hadir 90,5% dan kuorum kehadiran pemegang saham independen sejumlah 58%.

Angka ini memenuhi kuota yang ditetapkan yakni lebih dari 60% dari total pemegang saham, demikian yang disampaikan kepada media yang hadir saat Konferensi Pers usai RUPSLB dilaksanakan.

Lebih lanjut Ia menuturkan bila pelaksanaan transaksi akuisisi akan diperoleh dari dana right issue yang akan dijalankan perseroan. Dengan ini, MITI akan mendaftarkan diri ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengakuisisi Pelayaran Karanan Line dan Karya Abdi Luhur (KAL).

Kita masih bahas lagi dengan direksi dan komisaris seputar jumlah yang diperlukan, katanya.

PT Pelayaran Samudra Karana Line (PSKL) dan Karya Abdi Luhur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan laut, logistik, dan jasa bongkar muat (stevedoring).

Diharapkan, nantinya semakin berdampak positif untuk meningkatkan pendapatan MITI pada 2023. Kenapa PSKL, karena yang sudah punya lingkup sejenis dengan kita. Jadi sudahexisting. Logistik itukeydalam bidang apapun,ujarnya.

Sektor pelayaran menjadi lingkup potensial bagi MITI. Alasannya, sektor ekspor-impor saat ini tengah digencarkan, terutama setelah pandemi. Perdagangan antar-negara sedang dimaksimalkan untuk meningkatkan nilai jual produk Indonesia.

Dari sisi prospek bisnis, MITI memiliki kemampuan besar di sektor pelayaran. Melalui PT Wasesa Line (WL), MITI mulai mengembangkan usaha pelayaran domestik pada awal Januari 2021 lalu. Saat ini, MITI berencana melakukan right issue untuk akuisisi PT Pelayaran Karana Line dan PT Karya Abdi Luhur.

Ia menilai bila langkah ini berpotensi menumbuhkan aset sebesar 181,90%. Dengan demikian, nilai aset yang tadinya Rp172,11 miliar akan menembus angka Rp485,18 miliar. Penambahan pundi-pundi ini semakin memperbesar peluang MITI dalam industri pelayaran dan logistik.

Jika dilihat dari catatan kinerja, sampai semester I-2022, MITI mencatatkan kinerja positif. Pendapatan tumbuh 54,22% menjadi Rp 35,41 miliar. Sedangkan laba bersih 30,56% menjadi Rp 3,93 miliar.

Laporan performa keuangan menunjukkan liabilitas mengalami kenaikan 172,68%. Dari Rp31,76 miliar menjadi Rp86,60 miliar. Kemudian ekuitas yang awalnya sejumlah Rp140,36 miliar menjadi Rp 398,58 miliar.

Sebagai informasi, MITI akan mengembangkan kegiatan pada bidang transportasi laut terdiri dari pengangkutan laut, logistik, dan jasa bongkar muat, melengkapi kegiatan usaha yang dilakukan entitas anak perseroan PT Wasesa Line (WL) dalam mengoperasikan dan menyewakan kapal milik sendiri maupun kapal milik pihak ketiga.

Topik Menarik