Loading...
Loading…
Di Papua Harga Pertalite Rp 20 Ribu Per Liter, Pertamax Rp 27 Ribu

Di Papua Harga Pertalite Rp 20 Ribu Per Liter, Pertamax Rp 27 Ribu

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Genpi | Senin, 05 September 2022 - 12:20

GenPI.co - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite di tingkat eceran wilayah Manokwari, Papua Barat, mencapai harga Rp 20.000 dari sebelumnya Rp15.000 per liter.

Salah seorang penjual BBM eceran di Manokwari Salim mengaku, mulai menaikkan harga sejak adanya keputusan soal penyesuaian harga BBM , Sabtu (3/9).

"Untuk Pertalite per liter harganya Rp20.000 dan yang setengah Rp 15.000. kalau pertamax harganya Rp27.000 dengan isi yang sama," kata dia, Minggu (4/9).

Meski demikian, Menurut Salim, pedagang eceran sedang kesulitan mendapatkan BBM jenis Pertalite, karena pasokan yang lebih sering kosong.

"Untuk dapat pertalite sulit harus antre, sehingga kadang stok kami kosong dan hanya menjual pertamax yang bisa didapat di pertashop juga," ungkapnya.

Sementara itu, pedagang BBM eceran lainnya Maikel mengaku sudah menaikkan harga jual pertalite dan pertamax sebelum pengumuman resmi Presiden.

"Harga pertalite memang sudah mahal karena untuk dapatkan BBM subsidi saja sulit, jadi kami jual lebih dari harga yang di pom bensin (SPBU)," ujar dia.

Dia menilai kenaikan harga seharusnya disertai dengan kemudahan mendapatkan BBM, sehingga tidak ada keluhan dari masyarakat.

"Kalau mahal tapi gampang pasti tidak masalah," kata dia.

Diketahui, Pertamina melakukan penyesuaian harga BBM subsidi dan nonsubsidi diseluruh Indonesia.

Harga pertalite sebesar Rp 10.000 dari sebelumnya Rp7.650 per liter, serta pertamax Rp14.850 dari sebelumnya Rp12.750 per liter. (ant)

Tonton Video viral berikut:

Original Source

Topik Menarik