Loading...
Loading…
Dorong Startup di ASEAN, Kemenkominfo akan Siapkan Ajang Serupa dengan DIN G20 Tahun Depan

Dorong Startup di ASEAN, Kemenkominfo akan Siapkan Ajang Serupa dengan DIN G20 Tahun Depan

Powered by BuddyKu
Ekonomi | WartaEkonomi | Senin, 05 September 2022 - 08:15

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menginginkan Digital Innovation Network (DIN) G20 sebagai acara tahunan yang menjadi ruang bagi startup-startup ASEAN untuk berkumpul, berbagi ilmu, dan mengembangkan bisnisnya. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo Semuel A. Pangerapan usai menutup acara DIN G20 di Nusa Dua, Bali, Minggu (4/9/2022) kemarin.

"Harapanya, kalau acara sama akan dilanjutkan India, akan tetapi melihat antusiasme program ini, Kominfo ingin membuat acara yang sama tapi untuk negara ASEAN agar untuk mempromosian startup-startup Indonesia sekarang setiap negara hanya mengirimkan 5 startup saja," kata Dirjen Aptika, Semuel kepada wartawan, Minggu (4/9/2022).

Semuel mengatakan Kemenkominfo ingin membantu startup digital Indonesia dan negara lain supaya kolaborasi terjadi dan menguntungkan negara masing-masing.

"Tahun depan mungkin nama akan beda karena acara DIN ini melekat dengan G20, kita akan membuat acara yang sama atau sejenis tetapi lebih banyak mempromosikan startup-startup Indonesia dan mengundang lebih banyak lagi, tidak terbatas anggota negara G20 tapi khususnya di negara ASEAN," ucapnya.

Namun, Semuel engga membahas lebih rinci agenda tersebut. Ia menyatakan akan melakukan evaluasi terkait acara DIN G20 2022 yang diselenggarakan Indonesia. Seperti diketahui, Indonesia secara simbolis telah menyerahkan keberlanjutan dari Digital Innovation Network (DIN) G20 kepada India yang pada 2023 akan melanjutkan Presidensi G20 di negaranya.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Aptika Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan kepada Under Secretary Ministry of External Affairs India Naman Upadhyaya.

"Saya percaya bahwa kolaborasi merupakan kunci pengembangan ekosistem startup secara global dan kami mengharapkan bahwa hasil nyata yang menjadi warisan dari Digital Innovation Network selama tiga hari membahas inovasi dan kolaborasi bisa tersebar di seluruh dunia. Kami juga mengharapkan akan ada kelanjutan dari upaya kami menyelenggarakan acara ini dalam presidensi selanjutnya," kata Semuel sebelum menyerahkan keberlanjutan DIN G20 kepada perwakilan India.

Original Source

Topik Menarik