Melalui KIB dan Golkar, Airlanga Berpeluang Menang di Pilpres 2024

Melalui KIB dan Golkar, Airlanga Berpeluang Menang di Pilpres 2024

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 4 September 2022 - 14:10
share

GenPI.co - Pengamat Politik dari Univesitas Padjadjaran (UNPAD) Kunto Adi Wibowo menilai bahwa Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebenarnya berpeluang menang pada Pilpres 2024 .

Hal itu disampaikan merespons hasil survei Timur Barat Research Center (TBRC) menyatakan mayoritas publik memilih nama Airlangga Hartarto untuk menjadi presiden pada 2024.

Dosen Ilmu Komunikasi UNPAD itu mengatakan bahwa jika hasil survei itu wajar, karena Airlangga memiliki peluang yang besar jika maju sebagai calon presiden (capres) 2024 .

Sebab, Airlangga memiliki kendaraan politik yang besar, yaitu partai Golkar dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Modal politik Pak Airlangga sudah ada melalui partai Golkar dan KIB, itu udah cukup untuk maju sebagai capres 2024," ujarnya.

Lebih lanjut, Kunto mengingatkan Airlangga perlu menunjukkan kepada masyarakat sebagai sosok calon pengganti Jokowi di Pilpres 2024.

Airlangga sendiri sudah menunjukkan kinerjanya sebagai Menko Perekonomian dalam membantu Presiden Jokowi melakukan pemulihan ekonomi nasional akibat dampak covid-19, paparnya.

Seperti diketahui, nama Airlangga muncul beberapa kali dalam hasil survei TBRC terkait pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024.

Direktur Eksekutive TBRC Johanes Romeo mengatakan survei dilakukan dengan metode sampling kepada 2400 responden.

Jika pemilihan presiden digelar hari ini, sebanyak 26,3 persen responden memilih pasangan Airlangga Hartarto - Anies Baswedan (KIB).

Lalu disusul Prabowo Subianto - AHY (Gerindra - Demokrat) dipilih sebanyak 23,6 persen. Di posisi ketiga, Andika Perkasa - Tito Karnavian (Nasdem, PKS dan PKB) dipilih sebanyak 17,3 persen.

Kemudian, Ganjar Pranowo - Puan Maharani (PDI Perjuangan) dipilih sebanyak 20,7 persen.

Dengan melakukan simulasi 4 pasang capres-cawapres dengan komposisi pasangan sipil militer mengunakan pertanyaan tertutup, nama Airlangga pun muncul.

Pasangan Airlangga Hartarto -Muldoko (KIB) dipilih sebanyak 27,7 persen. Kemudian, Prabowo Subianto - Khofifah Indar Parawangsa (Gerindra - PKB) dipilih sebanyak 22,3 persen.

Lalu, Andika Perkasa - Puan Maharani jika diusung PDI Perjuangan memiliki tingkat keterpilihan 20,2 persen.(*)

Tonton Video viral berikut:

Topik Menarik