Detik-Detik Wakil Presiden Argentina Nyaris Ditembak Wajahnya

Detik-Detik Wakil Presiden Argentina Nyaris Ditembak Wajahnya

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 3 September 2022 - 00:14
share

BUENOS AIRES - Saat seorang pria mencoba menembakkan pistol dengan jarak hanya beberapa senti dari kepala Wakil Presiden Argentina Cristina Fernndez de Kirchner .

Peritiwa tersebut pun tertangkap kamera pada Kamis 1 September 2022, malam.

Sekira pukul 9 malam waktu setempat, ketika Kirchner keluar dari kendaraannya di luar rumahnya, di mana kerumunan besar pendukung telah berkumpul sejak minggu lalu, seorang pria dengan cepat mendekati dan menodongkan pistol beberapa inci dari wajahnya, menurut rekaman video dan pihak berwenang.

"Dia mencoba menarik pelatuknya, tetapi pistolnya tidak menembak. Kirchner tidak terluka," tulis keterangan yang diunggah The New York Times , dikutip, Jumat (2/9/2022).

Wali Kota Buenos Aires Horacio Rodriguez Larreta menyebut kejadian itu sebagai titik balik dalam sejarah demokrasi Argentina seraya mendesak kepada penegak hukum untuk segera memproses pelaku.

Kantor Alberto Presiden Argentina Fernandez menyerukan diakhirinya retorika kebencian.

Pejabat lain yang bicara terkait kasus tersebut adalah Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, yang mengaku sangat prihatin dengan peristiwa itu meski juga menyebutnya ajaib karena pistol tak meletup.

"Ini menyedihkan, tercela, tapi pada saat yang sama, saya sampaikan, ajaib, karena dia baik-baik saja," kata Lopez Obrador.

Topik Menarik