Bangun Perumahan, Kementerian PUPR Dapat Anggaran Rp6,98 Triliun

Bangun Perumahan, Kementerian PUPR Dapat Anggaran Rp6,98 Triliun

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 1 September 2022 - 00:02
share

IDXChannel - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mendapatkan alokasi anggaran Rp6,98 triliun pada tahun 2023.

Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan, anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk pembangunan serta penyediaan rumah layak huni untuk masyarakat melalui beberapa program.

Seperti pembangunan rumah susun, rumah swadaya, rumah khusus, bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) rumah umum dan dukungan manajemen dan output non fisik.

"Kami di Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR mendapatkan alokasi anggaran pembangunan perumahan untuk masyarakat sebesar Rp6,98 triliun, ujar Iwan dalam RDP Bersama Komisi V DPR RI, Rabu (31/8/2022).

Menyadari anggaran yang diterima cukup terbatas, iwan menerangkan, pihaknya akan terus meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan untuk mendorong pelaksanaan pembangunan infrastruktur dan perumahan di seluruh wilayah Indonesia.

Hal itu dikarenakan hingga saat ini permasalahan pemenuhan hunian layak masih menjadi pekerjaan rumah dan membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah.

Lebih lanjut, menurutnya komposisi anggaran Direktorat Jenderal Perumahan disalurkan sesuai sesuai prioritas penanganan tahun anggaran 2023. Adapun prioritasnya antara lain pembangunan rumah swadaya Rp2,72 triliun untuk 103 unit rumah tidak layak huni, pembangunan rumah susun sebesar Rp1,94 triliun.

Selain itu, digunakan untuk pembangunan 3.535 unit, Rp1,39 triliun untuk 26.260 unit rumah khusus, Rp0,41 triliun untuk bantuan PSU rumah umum sebanyak 27.825 unit dan Rp0,52 triliun untuk dukungan manajemen dan output non fisik.

"Kami berharap seluruh program yang direncanakan untuk tahun 2023 mendatang bisa berjalan dengan baik di lapangan, pungkasnya.

(DES)

Topik Menarik