Terkendala Lahan, Pembangunan Tol Padang-Sicincin Baru Kelar 45 Persen

Terkendala Lahan, Pembangunan Tol Padang-Sicincin Baru Kelar 45 Persen

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:42
share

IDXChannel - PT Hutama Karya (Persero) mencatat progres konstruksi tol Padang-Sicincin sepanjang 36 km mencapai 45%. Jalan tol ini merupakan salah satu seksi dari Tol Padang-Pekanbaru.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), termasuk proyek Tol Ruas Padang-Pekanbaru sepanjang 254,8 Km memang dibangun secara bertahap. Keberadaan tol tersebut tujuan memperlancar konektivitas antar dua Provinsi yakni Riau dan Sumatera Barat.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengungkapkan, progres konstruksi tol Padang-Sicincin bergantung pada pembebasan lahan yang kerap menjadi tantangan di lapangan, di mana progres konstruksi tol ini sempat terhenti sejak Desember 2021 dikarenakan pembebasan lahan.

"Saat ini telah mencapai progres lahan mendekati 70% dengan progres konstruksi mencapai 45%," ungkap Koentjoro, Rabu (31/8/2022).

Koentjoro mengatakan, dengan segera selesainya pembebasan lahan, maka perusahaan dapat segera kembali mengebut konstruksi tol sesuai dengan lahan yang telah dibebaskan.

Kami targetkan percepatan pembangunan tol ini dapat selesai sesuai target di 2024 apabila pembebasan lahan sesuai rencana, sehingga dapat segera membawa manfaat bagi masyarakat sekitar, tuturnya.

Kehadiran Tol Pekanbaru-Padang secara keseluruhan akan membawa manfaat positif bagi perekonomian dan pariwisata kedua wilayah setempat. Tol itu akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Padang ke Pekanbaru dari 9 jam via jalan arteri menjadi kurang lebih 3 jam via jalan tol dengan kecepatan rerata 80 Km per jam.

Tak hanya memangkas waktu perjalanan, jalan tol ini akan membuka konektivitas antar-wilayah, khususnya memperlancar distribusi logistik. Selain itu, juga akan menghubungkan dua pelabuhan laut yang berada di Padang dan Dumai, Riau serta akan mengefisienkan mobilitas orang dan barang.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 1.066 Km dengan 519 Km ruas tol konstruksi dan 547 Km ruas tol operasi.

Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh di antaranya, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140 Km), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung (189 Km), Tol Palembang-Indralaya (22 Km), Tol Medan Binjai (17 Km), Tol Pekanbaru-Dumai (131 Km), Tol Sigli Banda Aceh seksi 2, 3 dan 4 (Seulimeum-Jantho-Indrapuri-Blang Bintang) sepanjang 36 km, serta Tol Binjai-Langsa seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 Km. (FAY)

Topik Menarik