Loading...
Loading…
7 Uang Kertas Kuno Indonesia dan Dunia, yang Bernilai Ratusan Juta

7 Uang Kertas Kuno Indonesia dan Dunia, yang Bernilai Ratusan Juta

Powered by BuddyKu
Ekonomi | iNewsBrebes | Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:58

JAKARTA, iNews.id - Tujuh uang kertas kuno Indonesia dan dunia, yang bernilai ratusan juta. Ada sederetuang kertas kuno Indonesia dan duniayang perlu Anda ketahui sebagai kolektor.

Tak jarang,uang kunoini memiliki harga yang sangat fantastis sehingga diburu banyak orang. Faktor kelangkaan dan faktor usia membuat banyak uang kertas kuno baik di Indonesia maupun dunia dihargai dengan nilai yang sangat tinggi.

Berikut ini MNC Portal menghimpun beberapa uang kertas kuno Indonesia dan dunia yang bisa Anda jadikan referensi dalam berinvestasi di instrumen ini, Selasa (23/8/2022).

Uang Kertas Kuno Dunia

Beberapa uang kertas kuno dunia yang tercatat memiliki nilai tinggi dan banyak diminati kolektor antara lain sebagai berikut.

1. Uang Kertas Dinasti Ming China

Uang kertas kuno yang banyak diminati adalah uang kertas dari Dinasti Ming di China. Uang ini dicetak pada masa Dinasti Ming di abad ke-3. Uang ini ditemukan di dalam sebuah patung kayu kuno. Uang kertas masa Dinasti Ming ini pun dilelang dengan harga fantastis yakni mencapai USD35.806 atau setara dengan Rp536 juta untuk nilai saat ini. Nilai tinggi tersebut disebabkan oleh usia uang kertas yang sangat tua dan faktor kelangkaannya.

2. Uang Kertas USD1.000 Amerika Serikat

Salah satu uang kertas kuno dari Amerika Serikat adalah uang kertas pecahan USD1.000 yang diproduksi 1890. Uang ini termasuk jenis uang langka yang banyak diminati kolektor. Beberapa sumber menyebutkan bahwa uang ini bahkan dilelang dengan harga mencapai USD3,29 juta atau setara dengan Rp49 miliar untuk nilai saat ini.

3. Uang Kertas 100 Pound Selandia Baru

Selandia Baru tercatat pernah menggunakan mata uang pound sebelum menggunakan dolar seperti sekarang. Mata uang pound digunakan pada tahun 1840 dan berganti dolar pada 1967. Oleh karena itulah, uang pecahan pound yang pernah digunakan pada masanya menjadi uang kuno yang saat ini sangat langka dan bernilai tinggi. Salah satu uang kertas kuno yang banyak dicari para kolektor adalah uang kertas pecahan 100 pound yang diterbitkan pada 1929. Uang terbitan Bank of New Zealand itu sempat dilelang dengan harga mencapai USD11,5 ribu atau setara dengan Rp172,4 juta nilai saat ini.

Uang Kertas Kuno Indonesia

Beberapa uang kertas kuno Indonesia yang tercatat memiliki nilai yang tinggi dan banyak diincar orang antara lain sebagai berikut.

1. Uang Kertas Rp100 Tahun 1992

Salah satu uang kertas kuno di Indonesia adalah uang kertas nominal Rp100 terbitan tahun 1992. Uang kertas pecahan Rp100 ini berwarna merah terang dan bergambar perahu layar. uang ini diterbitkan pada 28 Desember 1992 dan secara resmi dihentikan peredarannya oleh pemerintah pada tahun 2000. Meski saat ini uang kertas Rp100 tidak lagi menjadi alat pembayaran yang sah, tapi banyak juga masyarakat yang masih meminatinya. Uang kuno ini dibandrol dengan harga berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Sementara itu, di toko online, ada yang menjual uang kertas kuno ini dengan harga mencapai Rp300 ribu per lembarnya.

2. Uang Kertas 1.000 Gulden

Uang kertas kuno berikutnya adalah uang yang digunakan pada masa pemerintahan kolonial Belanda yakni uang kertas pecahan 1.000 gulden. Uang kuno ini dikeluarkan oleh De Javasche Bank pada kisaran tahun 1933 hingga 1939. Uang bergambar wayang ini diperkirakan memiliki nilai mencapai Rp20 juta per lembarnya. Bahkan, ada beberapa sumber yang menyebutkan harga satu lembar uang kertas pecahan 1.000 gulden ini dihargai mencapai Rp100 juta per lembarnya.

3. Uang Kertas Rp500 Bergambar Orang Utan

Uang kertas kuno di Indonesia yang belakangan banyak dicari juga adalah uang kertas pecahan Rp500 bergambar orang utan. Uang kertas kuno ini diterbitkan pada 1992 oleh Bank indonesia. Uang berwarna hijau dengan gambar orang utan yang ikonik ini tak lagi diproduksi dan diedarkan sejak 2006 berdasarkan peraturan Bank Indonesia Nomor 8/27/PBI/2006. Beberapa sumber menyebutkan bahwa uang Rp500 bergambar orang utan ini memiliki nilai jual mencapai Rp1,5-8 juta per lembarnya.

4. Uang Kertas Rp5.000 tahun 1958

Uang kertas Rp5.000 bergambar seorang wanita yang tengah memegang padi digunakan masyarakat Indonesia sebagai alat pembayaran pada tahun 1958. Uang yang memiliki gambar hamparan sawah terasering di sisi lainnya ini pun masuk dalam kategori uang langka dan banyak diburu kolektor. Kabarnya, uang kertas pecahan Rp5.000 ini memiliki nilai jual mencapai Rp4 juta per lembarnya.

Itulah sederet uang kertas kuno Indonesia dan dunia yang berhasil dirangkum MNC Portal dari berbagai sumber. Deretan uang kertas kuno ini menjadi uang langka yang bernilai tinggi hingga diburu para kolektor.

Original Source

Topik Menarik