Loading...
Loading…
Oleh-oleh Mendag ke India, RI Raup Ekspor Rp46 Triliun

Oleh-oleh Mendag ke India, RI Raup Ekspor Rp46 Triliun

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:37

IDXChannel - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memimpin delegasi misi dagang Indonesia ke New Delhi, India. Hasilnya, Indonesia meraup potensi ekspor dengan nilai sebesar USD3,2 miliar.

Mendag membawa 10 pelaku usaha dan eksportir Indonesia, serta asosiasi. Kunjungan kerjanya kali ini merupakan misi dagang pertama ke luar negeri sejak menjabat 15 Juni 2022. India dipilih sebagai kunjungan pertama ke luar negeri karena merupakan mitra dagang strategis Indonesia.

"Delegasi misi dagang Indonesia ke India berhasil membukukan potensi ekspor senilai USD3,2 miliar atau sekitar Rp46,98 triliun. Potensi ekspor ini diperoleh dari penandatanganan 22 kesepakatan kerja sama (MoU) antara pelaku usaha kedua negara," jelas Zulkifli dalam keterangan resminya, Selasa (23/8/2022)

Dia menjelaskan, penandatanganan sebanyak 22 MoU pada misi dagang tersebut meliputi produk-produk minyak kelapa sawit (CPO), olein, batu bara, furnitur, perkakas, plastik, serta bubur kertas dan kertas. "Khusus produk kelapa sawit total komitmen yang menjadi kesepakatan sebanyak 2,6 juta ton atau senilai USD3,16 miliar, imbuhnya.

Lebih jauh katanya, momen penjualan CPO ini sangat tepat mengingat Indonesia saat ini sedang berupaya mengembalikan pasar konsumen India, khususnya dalam memenuhi lonjakan permintaan kebutuhan minyak nabati menjelang Hari Raya Deepavali tanggal 24 Oktober 2022. India merupakan tujuan ekspor CPO kedua terbesar setelah Tiongkok, dengan nilai ekspor pada 2021 mencapai USD3,4 miliar atau 25 persen dari total ekspor Indonesia ke India.

Zulkifli menyebut, ini merupakan hari bersejarah bagi Indonesia dan India. Di tengah situasi penuh ketidakpastian dan tantangan ekonomi, kedua negara terus memperkuat kemitraan yang strategis khususnya dalam kerja sama perdagangan.

"Kementerian Perdagangan dan tentunya melalui perwakilan perdagangan di luar negeri juga siap membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan ekspor dan memperluas pasar ekspor, pungkasnya.

(FAY)

Original Source

Topik Menarik