Bus Trans Jatim Resmi Beroperasi, Layani Penumpang Sejak Pukul 05.00 - 21.00 WIB

Bus Trans Jatim Resmi Beroperasi, Layani Penumpang Sejak Pukul 05.00 - 21.00 WIB

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 21 Agustus 2022 - 00:17
share

GRESIK, iNews.id - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan pengoperasian Bus Trans Jatim dengan skema buy the service di Terminal Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (19/8/2022).

Usai mereskikan, Gubernur Khofifah didampingi Bupati Sidoarjo Ahmad Mudlor, Walikota Surabaya Ery Cahyadi, dan Bupati Gresik Fandy Ahmad Yani mencoba layanan bus trans jatim.

Route Bus angkutan massal koridor 1 akan melintasi Sidoarjo-Surabaya-Gresik. Dengan jumlah armada sebanyak 22 bus yang disediakan Dinas perhubungan Pemprov Jatim.

Alhamdulillah hari ini bus Trans Jatim mulai beroperasi. Untuk tahap pertama ini adalah Koridor I. Rutenya di kawasan Surabaya Raya. Rencananya koridor II dan III akan kita laksanakan di 2023 dan koridor IV di tahun 2024, ungkap Gubernur Khofifah.

Pada bulan Agustus ini, Bus Trans Jatim menggratiskan untuk semua penumpangnya. Namun, memasuki bulan September, dikenakan tarif sebesar Rp 5 ribu untuk penumpang umum dan Rp 2.500 untuk penumpang pelajar dan mahasiswa.

Diharapkan, bus Trans Jatim menjadi solusi mengurai kemacetan dan meminimalisir risiko kecelakaan, tutur Khofifah.

Bus Trans Jatim akan beroperasi selama 16 jam per hari, mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Dengan route Terminal Porong Sidoarjo dan berakhir di Terminal Bunder Gresik.

Busnya akan stand by dengan sistem headway setiap 10 hingga 15 menit di jam-jam sibuk. Tentu ini akan sangat membantu karena armadanya selalu ada dengan rentang waktu yang cepat, katanya.

Lebih jauh, Gubernur Khofifah menjelaskan, Bus Trans Jatim akan menjadi pengungkit ekonomi kawasan aglomerasi Surabaya Raya. Koneksi yang semakin lancar akan menjadi pengungkit ekonomi di tiga daerah ini.

koneksitas ini akan membuat pertumbuhan ekonomi di ring satu Jatim akan semakin baik dan semakin inklusif. Karena serapan pada tenaga kerja semakin meningkat dan kemiskinan juga semakin menurun, katanya.

Dengan jarak tempuh sepanjang 74 km rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik, bus ini akan berhenti di 32 halte. Masyarakat yang akan naik maupun turun bus harus di titik halte yang telah disediakan.

Setiap halte dan armada bus dilengkapi layanan yang ramah untuk penyandang disabilitas, diantaranya penyediaan kursi prioritas dan halter portabel yang ramah disabilitas.

Menurutnya, bus Trans Jatim dari Sidoajo - Surabaya - Gresik akan singgah di 32 halte dan diperkirakan memakan waktu selama 2 jam 10 menit.Yang istimewa, layanan bus Trans Jatim ini menyediakan petugas operasionsl pramugara dam pramugari bus yang siap membantu kenyamanan penumpang, tuturnya.

Topik Menarik