BI Luncurkan 7 Uang Kertas Rupiah Emisi 2022

BI Luncurkan 7 Uang Kertas Rupiah Emisi 2022

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 18 Agustus 2022 - 14:35
share

JAKARTA, lintasbabel.id - Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan meluncurkan tujuh uang kertas Rupiah emisi 2022 . Peluncuran ini merupakan wujud nyata Bank Indonesia dalam menyediakan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Rupiah adalah tidak sekedar mata uang, tapi adalah sebuah mata uang yang menggambarkan perjalanan dari bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada Oktober 1946 ORI atau uang Rupiah, Uang Republik Indonesia dilahirkan atau disahkan atau berlaku yang waktu itu disampaikan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Dan ini menandai babak baru bagi republik Indonesia yang baru saja merdeka. Di dalam setiap lembaran Rupiah terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia, sebuah motif untuk di sisi satu adalah keberagaman dan di sisi lain adalah kebersatuan. Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen bagi kita semua, kata Sri Mulyani dalam sambutannya di acara Pelucuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022, di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Sri Mulyani menambahkan, Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Republik Indonesia di NKRI, sudah selayaknya Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah harus dihormati dan dibanggakan oleh warga negara.

Bersama Rupiah kita bangkit untuk lebih kuat menuju Indonesia Maju, ucapnya.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menambahkan, Gubernur Bank Indonesia bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani meresmikan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di NKRI.

Peluncuran uang rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen kami bersama untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat. Sebagai simbol kedaulatan negara pemersatu bangsa, mari kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta dan bangga dan paham Rupiah, mari kita terus kobarkan optimisme semangat kebangsaan dan komitmen untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk Indonesia Maju, tambah Perry.


Berikut adalah daftar lembaran nominal uang dan foto pahlawan dalam lembar Rupiah yang diresmikan:

1. Dr. (H.C) Ir Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama uang kertas pecahan Rp100 ribu.

2. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp50 ribu.

3. Dr. G.S.S.J Ratulangi sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp20 ribu.

4. Frans Kaisiepo sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp10 ribu.

5. Dr. K.H Idham Chalid sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp5 ribu.

6. Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp2 ribu.

7. Tjut Meutia sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp1.000.

Topik Menarik