Loading...
Loading…
Selain Sulit Dipalsukan, Ini Keunggulan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Selain Sulit Dipalsukan, Ini Keunggulan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Kamis, 18 Agustus 2022 - 10:55

IDXChannel - Bank Indonesia (BI) memaparkan sejumlah keunggulan uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022.

Gubernur BI Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada hari ini, Kamis, (18/8/2022) resmi meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022.

"Peluncuran uang rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen kami bersama untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa," ujar Perry dalam acara Peluncuran Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Adapun tiga keunggulan uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022, yaitu:

1. Mudah dikenali

BI meningkatkan kontras warna antar pecahan uang agar semakin mudah dibedakan. Kemudian menyeragamkan gambar watermark dengan gambar utama.

BI juga melakukan standardisasi desain dan tata letak unsur pengamanan, serta meningkatkan selisih ukuran panjang antar pecahan dari 2 mm menjadi 5 mm.

2. Sulit dipalsukan

Penggunaan benang pengaman teknologi terkini (microlenses) sebagai best practice internasional diklaim akan lebih sulit untuk dipalsukan.

BI juga melakukan penguatan teknologi tinta berubah warna dengan menambahkan fitur magnetic link dan memiliki efek gerak dinamis pada pecahan besar (OVMI) sebagai best practice internasional, penguatan unsur pengaman ultraviolet (UV) dengan perluasan sebaran luas area UV, dan keragaman warna.

3. Masa edar lebih lama

Penggunaan teknologi coating untuk melindungi tinta agar tidak cepat pudar pada pecahan kecil Rp5.000, Rp2.000, dan Rp 1.000 diklaim akan menambah masa waktu peredaran pecahan uang tersebut.

(NDY)

Original Source

Topik Menarik