Ngeri! 60 Negara Terancam Bangkrut karena Utang

Ngeri! 60 Negara Terancam Bangkrut karena Utang

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 18 Agustus 2022 - 04:35
share

JAKARTA - Perang Rusia-Ukraina menambah parah kondisi ekonomi dunia . Hal ini membuat 60 negara terancam bangkrut karena tidak mampu mengatasi krisis utang.

"Tadi disampaikan dalam pidato ada 60 negara yang dianggap vulnerable, yang dianggap bisa sangat vulnerable untuk mengalami krisis utang dan krisis refinancing dari pembiayaan mereka," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Potensi default, kata Sri Mulyani, bagi mereka yang sekarang ini sudah memiliki rata-rata rasio utang yang tinggi menjadi perhatian dunia.

Di sisi lain, inflasi yang tidak menurun secara cepat namun respon kebijakan dari likuiditas dan suku bunga menyebabkan pemulihan ekonomi menjadi melemah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kalau ada 107 negara terancam krisis dan sebagiannya diperkirakan bangkrut.

Dia menjelaskan kalau semua negara di seluruh dunia,sedang menghadapi ujian.

Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih.

"Seratus tujuh negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan," ujarnya, dalam Pidato Presiden dalam Rangka HUT ke-77 Republik Indonesia, di DPR RI, Selasa (16/8/2022).

Dia pun mengatakan kalau ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia.

"Namun di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini," jelasnya.

Topik Menarik